Uji akurasi penentuan arah kiblat menggunakan metode rashdul qiblah beda azimuth

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nailul Alvi (2022) Uji akurasi penentuan arah kiblat menggunakan metode rashdul qiblah beda azimuth. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailul Alvi Hidayah_C96218032.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Skripsi ini menggunakan Metode Rashdul Qiblah Beda Azimuth, menjawab dua rumusan masalah, yaitu tentang penentuan arah kiblat menggunakan metode rashdul qiblah beda azimuth dan uji akurasi penentuan arah kiblat menggunakan metode rashdul qiblah beda azimuth. Untuk menjawab dua rumusan masalah yang telah disebutkan di atas, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal karya M. Farid Azmi yang berjudul “Metode Ras}du Qiblah Beda Azimuth dalam Penentuan Arah Kiblat” dan informasi mengenai metode rashdul qiblah beda azimuth yang diperoleh dari wawancara dengan M. Farid Azmi selaku pengarang jurnal yang telah disebut sebelumnya. Sumber sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku dan artikel yang berkaitan dengan arah kiblat dan rashdul qiblah. Adapun metode yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data ialah wawancara, observasi, dan dokumetasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis ialah deskriptif dan komparatif guna mengetahui tingkat keakurasian dan penggambaran terkait hasil penelitian. Hasil penelitian ini menjawab dua rumusan masalah yang telah disebutkan sebelumnya. Yang pertama yaitu penentuan arah kiblat menggunakan metode rashdul qiblah beda azimuth memiliki perbedaan dengan penentuan arah kiblat menggunakan rashdul qiblah pada umumnya. Penentuan arah kiblat menggunakan metode rashdul qiblah beda azimuth memerlukan penambahan sudut istimewa yaitu sudut 45º, 90º, dan 315º. Perhitungan rashdul qiblah dengan beda azimuth juga memerlukan interpolasi dan pengulangan perhitungan agar menghasilkan hasil yang akurat. Praktik penentuan arah kiblat menggunakan metode ini harus mengikuti ketetentuan yang telah ditetapkan untuk menggaris bayangan benda sehingga menghasilkan arah kiblat. Yang kedua, Hasil pengujian akurasi penentuan arah kiblat menggunakan metode rashdul qiblah beda azimuth menunjukkan bahwa metode rashdul qiblah beda azimuth memiliki hasil yang akurat. Hal ini dibuktikan oleh pengujian yang telah dilakukan oleh penulis bahwa metode rashdul qiblah beda azimuth memiliki hasil yang sama dengan arah kiblat sebenarnya yang dihasilkan oleh theodolite. Setelah melakukan penelitian ini. Penulis memberikan saran agar metode ini dapat lebih banyak digunakan baik untuk pembelajaran maupun untuk praktik dilapangan. Penulis juga menyarankan agar metode ini dapat dikembangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nailul Alvialviiiiits@gmail.comC96218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Astronomi
Ibadah
Falak
Keywords: Uji akurasi; arah kiblat; Rashdul Qiblah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Nailul Alvi Hidayah
Date Deposited: 10 May 2022 03:47
Last Modified: 10 May 2022 03:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53184

Actions (login required)

View Item View Item