Implementasi modifikasi kurikulum pada pendidikan khusus (AUTIS) dalam mengembangkan kemampuan bersosialisasi di SLB BHAKTI WIYATA Bratang Binangun Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Mayang Armita Kusuma (2022) Implementasi modifikasi kurikulum pada pendidikan khusus (AUTIS) dalam mengembangkan kemampuan bersosialisasi di SLB BHAKTI WIYATA Bratang Binangun Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mayang Armita Kusuma Wardani_D03218021 baru.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Modifikasi Kurikulum pada Pendidikan Khusus (Autis) dalam Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi di SLB Bhakti Wiyata Bratang Binangun Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai implementasi modifikasi kurikulum pada pendidikan khusus (autis) di SLB Bhakti Wiyata Bratang Binangun Surabaya, pengembangan kemampuan bersosialisasi di SLB Bhakti Wiyata Bratang Binangun Surabaya, dan implementasi modifikasi kurikulum pada pendidikan khusus (autis) dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi di SLB Bhakti Wiyata Bratang Binangun Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif degan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SLB Bhakti Wiyata, operator sekolah SLB Bhakti Wiyata, guru pendamping khusus (GPK). Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model Miles and Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa, (1) Implementasi Modifikasi Kurikulum pada Pendidikan Khusus di SLB Bhakti Wiyata Bratang Binangun Surabaya disajikan dalam bentuk PPi (Program Pembelajaran Individual) dan melibatkan kepala sekolah untuk mengarahkan dan guru pendamping khusus sebagai guru yang bertanggung jawab pada siswa berkebutuhan khusus. Tujuan diadakannnya modifikasi kurikulum ini untuk memudahkan peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang mereka miliki. (2) Pengembangan Kemampuan Bersosialisasi di SLB Bhakti Wiyata Bratang Binangun Surabaya sudah baik. Hasil yang nampak dalam pengembangan kemampuan bersosialisasi adalah dengan sikap siswa berkebutuhan khusus yang lebih terbuka terhadap lingkungan sekitarnya, dapat saling mengenal dan menyapa baik ke guru, kepala sekolah maupun ke teman sebayanya dan kepribadian siswa dapat tertangani dengan baik. Guru pendamping khusus selalu melatih siswa berkebutuhan khusus dalam melakukan sosialisasi dengan cara bermain bersama teman, izin untuk meminjam barang kepada teman maupun ke guru atau kepala sekolah. (3) Implementasi Modifikasi Kurikulum pada Pendidikan Khusus (Autis) dalam Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi di SLB Bhakti Wiyata Bratang Binangun Surabaya dilakukan secara bertahap sesuai dengan perkembangan setiap peserta didik, untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi dilakukan dengan memberikan kegiatan berupa kegiatan kebersamaan yang dilakukan pada hari senin untuk kegiatan upacara dan hari jum’at untuk kegiatan senam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Mayang Armita Kusumamayangarmita@gmail.comD03218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAM Mukhlishah, AM Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Subjects: Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Implementasi modifikasi kurikulum pendidikan khusus; autisme; kemampuan bersosialisasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mayang Mayang Armita Kusuma Wardani
Date Deposited: 06 May 2022 14:41
Last Modified: 06 May 2022 14:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53164

Actions (login required)

View Item View Item