Strategi bertahan pedagang konvensional di era digital: studi kasus pada pedagang konvensional di Pasar Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayitno, Maharipta Rezha (2021) Strategi bertahan pedagang konvensional di era digital: studi kasus pada pedagang konvensional di Pasar Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maharipta Rezha Prayitno_I73217035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan judul Strategi bertahan pedagang konvensional di era digital: studi kasus pada pedagang konvensional di Pasar Krian Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana keberadaan pedagang konvensional diera digital dan bagaimana strategi bertahan pedagang konvensional di era digital. Dari rumusan masalah yang telah disebutkan terdapat sub bab pembahasan didalamnya, antara lain pembahasan mengenai lama usaha berjalan, penurunan pedagang, pengaruh online shop, dan strategi bertahan para pedagang yang ada di Pasar Krian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi para pedagang konvensional di era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis data deskriptif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam analisis fenomena pada para pedagang di Pasar Krian adalah teori modal sosial milik Robert D Putnam. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) keadaan pedagang konvensional diera digital mengalami penurunan pembeli dikarenakan penurunan pengunjung di Pasar Krian. Penurunan ini disebabkan karena adanya sistem perdagangan yang baru sehingga membuat persaingan perdagangan semakin berat ditambah dengan kemajuan masyarakat membuat perdagangan secara konvensional mulai ditinggalkan. (2) Banyak strategi yang dilakukan untuk dapat bertahan dalam perubahan zaman, namun yang paling ditekankan adalah modal sosial. Dimana para pedagang mematuhi segala norma-norma masyarakat dengan bersikap ramah kepada pelanggan berbicara dengan sopan, menjaga kepercayaan antara penjual dan pembeli, serta menjalin kerja sama baik antara pedagang pasar dan kerjasama diluar pasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayitno, Maharipta Rezharezhaprayitno@gmail.comI73217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.com2002087005
Subjects: Internet
Pedagang
Sosiologi
Keywords: Strategi; pedagang; digital
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Maharipta Rezha Prayitno
Date Deposited: 08 May 2022 10:45
Last Modified: 08 May 2022 10:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53157

Actions (login required)

View Item View Item