تحليل الأخطاء النطقية في قراءة مولد الديبعي لدى الأمهات في "جمعية الديبعية البدرية" منونجال - كداميان – جرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Addiniyah, Nizar (2022) تحليل الأخطاء النطقية في قراءة مولد الديبعي لدى الأمهات في "جمعية الديبعية البدرية" منونجال - كداميان – جرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nizar Addiniyah_A91218116.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Analisis Kesalahan Pelafalan dalam Pembacaan Maulid Diba’ oleh Ibu-ibu Jam’iyah “Diba’ Al-Badriyah” Menunggal-Kedamean-Gresik. Dalam mempelajari bahasa asing kesalahan merupakan hal yang wajar. Hal tersebut tidak hanya terjadi di kalangan siswa, namun juga dapat terjadi di berbagai kalangan salah satunya di kalangan ibu-ibu. Kesalahan fonologi merupakan kesalahan yang terjadi pada bunyi bahasa Arab misalnya jika قلب dibaca كلب. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan pelafalan dan sebab-sebabnya dalam pembacaan Maulid Diba’ oleh Ibu-ibu Jam’iyah Diba’ Al-Badriyah Menunggal, Kedamean, Gresik. Objek kajian pada penelitian kali ini adalah Ibu-ibu Jam’iyah Diba’ Al-Badriyah Menunggal, Kedamean, Gresik dengan sumber data berupa rekaman suara pembacaan Maulid Diba’ yang dilakukan oleh ibu-ibu Jam’iyah Diba’ Al-Badriyah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan cara melakukan pengumpulan data melalui rekaman suara pembacaan Maulid Diba’ oleh Ibu-ibu Jam’iyah Diba’ Al-Badriyah Menunggal, Kedamean, Gresik, kemudian mengidentifikasi kesalahan pelafalan yang terjadi dalam bacaan tersebut. Dan teori yang digunakan yaitu teori yang terkait dengan tahlil akhta’. Dari penelitian yang dilakukan terdapat kesimpulan bahwa bentuk kesalahan pelafalan dalam Pembacaan Maulid Diba’ oleh Ibu-ibu Jam’iyah Diba’ Al-Badriyah Menunggal, Kedamean, Gresik adalah Ibdal sebanyak 12 huruf, salah satunya عَن dibaca أَن dan At-tasywih sebanyak 2 huruf. Terdapat dua sebab kesalahan yang terjadi, yaitu mempelajari kaidah namun tidak menerapkan dalam praktiknya dan pengaruh bahasa ibu. Serta huruf yang paling banyak terjadi kesalahan adalah huruf ع yaitu sebanyak 22 kali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Addiniyah, Nizarnizaraddiniyah141@gmail.comA91218116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis kesalahan pelafalan; kitab Maulid Diba’; jam'iyah Diba' Al-Badriyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nizar Addiniyah
Date Deposited: 27 Apr 2022 07:50
Last Modified: 27 Apr 2022 07:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53126

Actions (login required)

View Item View Item