تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة السورة يوسف لدى التلاميذ في روضة تعليم القرأن " الرحمن " ِسورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chotimah, Aknes Nurul (2022) تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة السورة يوسف لدى التلاميذ في روضة تعليم القرأن " الرحمن " ِسورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aknes Nurul Chotimah_A01218004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Analisis kesalahan fonologi adalah proses dan memeriksa secara sistematik untuk mengidentifikasi kesulitan dan masalah dalam membaca AlQur'an bagi santri dengan latar belakang bahasa yang berbeda. Melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui kemampuan membaca Al-Qu’an para santri di TPQ Ar-Rohman Surabaya Dalam penelitian ini, peneliti fokus pada :1) Apa bentuk-bentuk kesalahan fonologi dalam membaca Al-Qur'an surat Yusuf bagi santri TPQ Ar-Rahman, Surabaya? 2) Apa faktor-faktor kesalahan fonologi dalam membaca AlQur'an surat Yusuf bagi santri TPQ Ar-Rohman Surabaya? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan langkah-langkah analisis kesalahan yang terdiri dari mengetahui kesalahan, mendeskripsikan dan mengklasifikasikannya, menafsirkannya dan selanjutnya menjelaskan faktor-faktor kesalahan tersebut. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah data dokumentasi, pengamatan, dan juga wawancara. Populasi dan sampel penelitian ini adalah beberapa santri TPQ Ar-Rohman sebanyak 14 santri. Dan adapun bentuk kesalahan yang ada yaitu kesalahan dalam mengganti huruf yang dibaca oleh santri. Dan faktor kesalahan fonologi dalam membaca Al-Qur'an surat Yusuf bagi santri TPQ Ar-Rohman Surabaya yaitu: (1) Kesalahan transfer bahasa dan (2) kesalahan intrabahasa. Penemuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Bentuk – bentuk kesalahan fonologis yang terjadi pada bacaan santri pada surat Yusuf antara lain terjadi pada kesalahan pengucapan huruf kepada huruf lain, memendekkan atau memanjangkan bacaan dari hukum seharusnya, yang bila dijabarkan peneliti mendapatkan 13 kesalahan pengucapan huruf ع ke أ, dan 5 kesalahan pengucapan huruf خ ke ح, dan 14 kesalahan pengucapan huruf ذ ke د, dan 3 kesalahan pengucapan huruf ص ke س, dan 2 kesalahan pengucapan huruf ظ ke ذ, dan 4 kesalahan pengucapan huruf ق ke ك, dan 2 kesalahan pengucapan huruf ظ ke ض, dan 1 kesalahan pengucapan huruf ث ke س, dan 9 kesalahan pengucapan panjang dan pendek huruf pada bacaan Al-Qur’an surat Yusuf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chotimah, Aknes Nurulaknesnurul@gmail.comA01218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamalkamalinev@gmail.com2006067901
Subjects: Bahasa Arab
Al Qur'an
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis Kesalahan; Fonologi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aknes Nurul
Date Deposited: 26 Apr 2022 16:29
Last Modified: 26 Apr 2022 16:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53108

Actions (login required)

View Item View Item