تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة اللغة العربية لدى طلاب الصف الرابع الإبتدائي في المدرسة "مفتاح العلوم" جادونع بنكلان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Aliyah (2022) تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة اللغة العربية لدى طلاب الصف الرابع الإبتدائي في المدرسة "مفتاح العلوم" جادونع بنكلان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aliyah_A71218032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisis Kesalahan Imla’ pada Tulisan Bahasa Arab siswa kelas Empat Ibtida’iyah di Madrasah Miftahul Ulum Jaddung Bangkalan Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting dalam pembelajaran Bahasa Arab. Keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Arab dibagi menjadi tiga kategori salah satunya Imla’. Imla’ merupakan suatu ilmu yang mempelajari tata cara menulis yang baik dan benar dengan mengikuti aturan-aturan yang telah desepakati oleh para ahli bahasa. Dalam realita yang ada, terdapat banyak siswa yang masih salah dalam penulisan Bahasa Arab yang tidak sesuai dengan kaidah imla’ yang ada. Dari paparan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan Analisis Kesalahan Imla’ pada Tulisan Bahasa Arab siswa kelas Empat Ibtida’iyah di Madrasah Miftahul Ulum Jaddung Bangkalan. Menggunakan rumusan masalah: apa saja bentuk-bentuk dan sebab-sebab kesalahan Imla’ pada Tulisan Bahasa Arab siswa kelas Empat Ibtida’iyah di Madrasah Miftahul Ulum Jaddung Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu peneliti mengumpulkan data dari lembar penulisan siswa untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang ada. Adapun langkah-langkah dalam penulisan keslahan; pertama, mengumpulkan lembar tulisan siswa; kedua, mengidentifikasi kesalahan; ketiga, menjelaskan kesalahan dan keempat, mengevaluasi kesalahan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa bentuk keslahan para siswa dalam penulisan imla’ seperti dalam hal berikut: 1. Kesalahan dam penggunaan Hamzah Qatha’; 2. Kesalahan dalam penggunaan Ta’ Marbuthah; 3. kesalahan dalam penambahan dan pembuangan huruf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Aliyahaliyahlimin17@gmail.comA71218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pengajaran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: analisis kesalahan; imla’
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aliyah Aliyah
Date Deposited: 26 Apr 2022 14:23
Last Modified: 26 Apr 2022 14:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53105

Actions (login required)

View Item View Item