فونيمات القطعية ووظيفتها في تعيين المعنى في سورة طه

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'idah, Masfirotus (2022) فونيمات القطعية ووظيفتها في تعيين المعنى في سورة طه. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masfirotus Sa'idah_A01218016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Al-qur’an dari aspek kebahasaan menjadi sebuah pembahasan yang menarik untuk dikaji. Hal tersebut berkaitan dengan keistimewaan yang dimiliki oleh Al-qur’an sebagai suatu mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu penelitian ini termasuk dalam penelitian ilmu aswath salah satu cabang dari ilmu linguistik dengan menggunakan teori fonem yang membahas tentang bunyi bahasa yang berpengaruh terhadap makna.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Macam-macam fonem segmental dalam surat taha 2) Apa fungsi fonem segmental dalam menentukan makna dalam surat taha. Kemudian peneliti ini menggunakan metode kualitatif yaitu data yang dikumpulkan merupakan deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan mengelompokkan ayat-ayat yang mengandung fonem segmental lalu menganalisisnya dengan menggunakan teknik keperpustakaan.Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 2 macam fonem segmental dalam surat taha yakni bunyi konsonan dan bunyi vokal. Data yang diperoleh sebanyak 11 data, 10 data dari bunyi konsonan dan 1 data dari bunyi vokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'idah, Masfirotusrevaboy660@gmail.comA01218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan
Al Qur'an
Keywords: Al-Qur’an; fonem segmental; ilmu aswath; surat taha
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Masfirotus Sa'idah
Date Deposited: 28 Apr 2022 01:18
Last Modified: 28 Apr 2022 01:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53101

Actions (login required)

View Item View Item