Eksistensi kesenian Pencak Silat dan Bantengan Siliwangi dalam menghadapi modernisasi di Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Waluyo, Roni (2022) Eksistensi kesenian Pencak Silat dan Bantengan Siliwangi dalam menghadapi modernisasi di Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roni Waluyo_I93218087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suatu Budaya berkaitan erat dengan keberadaan manusia. Peradaban manusia dapat dikenali dan dirasakan dalam waktu yang tidak terbatas sebab adanya suatu budaya. Melalui beberapa proses, praktik dan sistem yang berlaku dalam masyarakat membentuk budaya itu sendiri. Hal ini menyebabkan suatu budaya antara masyarakat satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan.Warisan budaya menjadi sangat perlu dilestarikan oleh generasi yang akan datang, hal ini agar peninggalan kesenian dan budaya tidak hilang akibat kemajuan zaman.Modernitas menajdi suatu tantangan bagi pelestarian budaya agar selalu diminati dan di jaga eksistensinya. Oleh sebab itu peran generasi yang akan datang menjadi suatu kunci penting bertahan dan tetap ada eksistensinya suatu budaya ditengah masyarakat. Dalam melihat suatu eksistensi salah satu kesenian yang ada di desa Sajen tetap ada dan terlestari ditengah kemajuan zaman dan modernitas, diperlukan penjelasan terkait salah satu teori fungsionalis struktural milik Talcot Parsons dengan konsep AGIL yaitu adaptation, Goal attainment, integrasi, Latency.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Kesenian pencak silat dan Bantengan Siliwangi terlestari dan eksis hingga saat ini karena banyaknya generasi muda desa Sajen yang turut melestarikan dan tergabung dalam bantengan dan pencak siliwangi. Kesenian ini seringkali masih menjadi suatu minat masyarakat ketika menghadiri beberapa acara sepert, khitanan, pernikahan, acara HUT Kemerdekaan serta acara kebudayaan resmi lainnya. Kesenian ini tetap ada ditengah modernitas tentunya tidak lepas dari peran beberapa pihak, baik itu penggiat kesenian, masyarakat serta pemerintah daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Waluyo, Roni8roni1@gmail.comI93218087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Kesenian
Budaya
Keywords: Eksistensi; pencak silat; bantengan; modernisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Roni Waluyo
Date Deposited: 25 Apr 2022 13:57
Last Modified: 25 Apr 2022 13:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53089

Actions (login required)

View Item View Item