Faktor – faktor dan penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan menggunakan akad musyarakah mutanaqisah di Bank Muamalat Indonesia: studi kasus produk KPR Bank Muamalat KC Darmo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Butar Butar, Ully Amaliyah (2022) Faktor – faktor dan penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan menggunakan akad musyarakah mutanaqisah di Bank Muamalat Indonesia: studi kasus produk KPR Bank Muamalat KC Darmo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ully Amaliyah Butar Butar_G74218140.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian ini dikumpulkan dengan memakai teknik penelitian lapangan (field research) data diperoleh langsung dari Bank Muamalat KC Darmo melalui teknik wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisa mengunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif yaitu mengganalisis data yang diambil lewat wawancara serta dokumentasi dan terdapat kaitanya dengan unsur-unsur kesamaan untuk di dapatkanya kesimpulan secara khusus. Pendekatan deskriptif analisis digunakan untuk menggambarkan faktor - faktor dan penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk KPR dengan menggunakan akad musyarakah mutanaqisah.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan Faktor - Faktor pembiayaan bermasalah pada produk KPR di bank muamalat Indonesia KC Darmo disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal terkait kelalaian dari pihak manajemen dan faktor eksternal karena kondisi nasabah. Penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk KPR di Bank Muamalat KC Darmo dilakukan dengan beberapa tahapan, tahap yang pertama dilakukan apabila nasabah melakukan penunggakan pembayaran angsuran adalah dengan melakukan tellecollection serta melakukan kunjungan langsung kepada nasabah yang bermasalah.
Dari hasil penelitian ini, saran yang penulis ajukan untuk objek penelitian yaitu Bank Muamalat Indonesia diharapkan agar lebih memaksimalkan evaluasi terhadap nasabah-nasabah yang mengajukan pembiayaan. Sehingga pembiayaan bermasalah dapat diminimalisir dan tidak menyebabkan kerugian bagi Bank Muamalat Indonesia. Selain itu, untuk penelian selanjutnya diharapkan agar dapat memperbanyak kajian yang lebih mendalam mengenai pembiayaan bermasalah dalamakad musyarakah mutanaqisah pada produk pembiayaan perbankan yakni KPR.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Butar Butar, Ully Amaliyahullyamaliyah1@gmail.comG74218140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank dan Perbankan
Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan bermasalah; akad musyarakah mutanaqisah; produk KPR
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ully Amaliyah Butar Butar
Date Deposited: 24 Apr 2022 03:14
Last Modified: 24 Apr 2022 03:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53051

Actions (login required)

View Item View Item