Komodifikasi agama dalam bisnis: studi kasus bisnis MLM PT. Melia Sehat Sejahtera

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Isnaini Nurul (2022) Komodifikasi agama dalam bisnis: studi kasus bisnis MLM PT. Melia Sehat Sejahtera. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnaini Nurul Fadilah_E02218011.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Perkembangan era revolusi industri 5.0 pada dunia perekonomian bergerak sangat dinamis dan cepat di abad ke 21 ini, dikarenakan semua sistem mulai terkoneksi dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang sehingga setiap pengoperasiaan dalam mengelola perusahaan tidak bisa dilepaskan dari hasil kemajuan teknologi. Berkaitan dengan hal tersebut memacu para pelaku bisnis untuk membuka sebuah usaha dengan sistem Multi Level Marketing (MLM). Karena strategi sistem ini dianggap paling mudah untuk dilakukan oleh kalangan pelaku bisnis demi mendapatkan keuntungan secara kompetitif. Melihat perkembang bisnis pada dunia saat ini agama telah dijadikan motif penggunaan untuk berbisnis. Secara praktisnya hal ini menjadikan penyaluran nilai-nilai spiritual yang berkeyakinan pada Tuhan dengan menjadikan pedoman hidup ini menjadi nilai tukar. Namun dalam konteks ini bukan berarti agama menjadi realitas objektif, melainkan sebagai simbol atau motif. Perlu diketahi juga bahwa aktivitas ekonomi bukan dari esensi agama, tetapi citra agama lah yang menjadi simbol keagamaan dengan memanfaatkan sebagai labeling tertentu. Hal ini merujuk pada PT. Melia Sehat Sejahtera yang telah memodifikasi etos kerjanya dengan motif agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara secara mendalam pada narasumber, sehingga peneliti bisa menjawab rumusan masalah yang ada. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah pemikiran Max Weber tentang tindakan rasionalis instrumental, bahwasannya cara terbaik untuk kita memahami suatu tindakan individu atau kelompok adalah dengan menghargai bentuk tipikal dari tindakan yang dilakukan menjadi ciri khasnya. Hal ini sejalan dengan teori Habermas yang menyatakan tentang tindakan komunikatif, bahwa aktivitas komunikasi berorientasi pada klaim yang valid dengan konsep rasionalitas yang lebih condong pada subjek yang berbicara dan bertindak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Isnaini Nurulisnainifadilah14@gmail.comE02218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Bisnis
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Bisnis MLM PT. Melia Sehat Sejahtera; komodifikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: isnaini nurul fadilah
Date Deposited: 27 Apr 2022 13:15
Last Modified: 27 Apr 2022 13:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53047

Actions (login required)

View Item View Item