Bertahan sebagai minoritas: studi atas eksistensi GKJW Papanthan Balongtunjung, Benjeng, Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Ika Kurnia (2022) Bertahan sebagai minoritas: studi atas eksistensi GKJW Papanthan Balongtunjung, Benjeng, Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Kurnia Dewi_E02218009.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Eksistensi berarti keberadaan, yakni ada atau tidaknya suatu obyek. Eksitensi perlu pengakuan. Seperti eksistensi jemaat GKJW yang ada di lingkungan mayoritas Muslim di Balongtunjung Benjeng Gresik. Bagaimana mereka saling membangun toleransi dan menjaga eksistensi dari keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejarah awal mula adanya Gereja di desa Balongtunjung yang menjadi kaum minoritas dan mengetahui bagaimana respon masyarakat Muslim terhadap keberadaan GKJW yang ada berada di lingkungan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berkiblat pada data lapangan dengan mengumpulkan data-data penunjang seperti wawancara dengan tokoh, pengurus Gereja, jemaat Kristen, dan juga tokoh Muslim di Balongtunjung. Pengumpulan data tersebut juga diperkuat dengan observasi dan dokumentasi dari berbagai literatur. Dalam hal ini penulis menggunakan teori interaksi sosial Jonathan Turner untuk menganalisis data temuan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa eksistensi GKJW Balongtunjung, meski pada awalnya memiliki konflik yang menyebabkan perpecahan antar Muslim dan Kristen, namun karena ada interaksi dan hubungan yang baik di antara Muslim dan Kristen Balongtunjung terselesaikan. Umat Muslim dan komunitas Kristen di Balongtunjung, terlepas dari perbedaan agama dan keyakinan di antara mereka, mampu beradaptasi dan bersikap saling toleran satu sama lain, sehingga menciptakan masyarakat yang rukun damai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Ika Kurniae02218009@uinsby.ac.idE02218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Agama
Hubungan Masyarakat
Konflik sosial
Keywords: Eksistesi; interaksi sosial; relasi antaragama; GKJW
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: ika kurnia dewi
Date Deposited: 25 Apr 2022 22:01
Last Modified: 25 Apr 2022 22:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53045

Actions (login required)

View Item View Item