Pembentukan Islam fundamentalis tentang khilafah pada kanal youtube muslimah media center: analisis persuasif Carl Hovlan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiaputri, Alvina Nanda (2022) Pembentukan Islam fundamentalis tentang khilafah pada kanal youtube muslimah media center: analisis persuasif Carl Hovlan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvina Nanda Setiaputri_E01218004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islam fundamentalis merupakan suatu ideologi yang menginginkan supaya agama Islam kembali menjadi tatanan politik pada abad modern. Golongan Islam fundamentalis ini muncul sebagai respon terhadap kondisi sosial dan politik yang mempunyai cita-cita mengenai pembentukan sistem negara yang Islami di abad modern. Golongan yang dianggap sebagai Hizbut Tahrir Indonesia berusaha untuk mengkonstruksi dan memahami diskusi keislaman yang terjadi pada media sosial. Mereka menggunakan sarana media sosial youtube untuk menyebarkan pemahamannya mengenai pembentukan negara Islam. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis persuasi ide Islam fundamentalis pada kanal youtube Muslimah Media Center. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh data analisis yang bisa dilakukan secara berlanjut. Pada analisis data, peneliti menggunakan teori persuasif yang dikembangkan oleh Carl Hovlan yang memaparkan bahwa proses apabila seorang (komunikator) menyampaikan sebuah pesan untuk mengubah sikap orang lain (komunikan) dan mendapatkan sebuah temuan bahwasanya kanal youtube Muslimah MediaCenter menginginkan adanya penegakan negara Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiaputri, Alvina Nandaalvinananda5271@gmail.comE01218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, RofhaniRofhani01@uinsby.ac.id1971013011997032001
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Fundamentalis; Khilafah(Negara Islam); Persuasif
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Alvina Nanda Setiaputri
Date Deposited: 23 Apr 2022 00:27
Last Modified: 23 Apr 2022 00:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52991

Actions (login required)

View Item View Item