Efektivitas metode pembelajaran bercerita terhadap keberanian anak dalam mengungkapkan pendapat di TK Plus Qiraati Yapita Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawardah, Vira Raniah (2022) Efektivitas metode pembelajaran bercerita terhadap keberanian anak dalam mengungkapkan pendapat di TK Plus Qiraati Yapita Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vira Raniah Mawardah_D99218074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari permasalahan peserta didik dengan keberanian mengungkapkan pendapat yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya kurangnya partisipasi peserat didik saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Dari 15 anak, hanya 2-3 anak yang mampu berkontribusi saat percakapan dalam pembelajaran berlangsung. Maka, penelitian ini memiliki tujuan tertentu yaitu untuk menyadari adanya efektivitas atau tidaknya dari suatu metode bercerita terhadap keberanian anak dalam mengungkapkan pendapat di TK Plus Qiraati Yapita Surabaya. Penelitian yang menerapkan metode kuantitatif dan menggunakan model penelitian pre-eksperimental serta jenis penelitiannya adalah one shot case study. Subyek yang digunakan adalah peserta didik kelompok A3 TK Plus Qiraati Yapita Surabaya yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini memiliki 3 proses, diantaranya yaitu tahap pre test, tahap penerapan treatment, dan tahap post test. Data yang dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat efektivitas dari metode bercerita terhadap keberanian anak dalam mengungkapkan pendapat di TK plus Qiraati Yapita Surabaya. Hasil dari pre test dan post tes yang diuji menggunakan aplikasi SPSS Statistik 20 dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil tersebut menunjukkan nilai Signifikan Uji Wilcoxon sebesar 0,001 yang artinya Ho ditolak sedangkan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawardah, Vira Raniahviraraniah2@gmail.comD99218074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pendidikan islam anak usia dini; bercerita; Bercerita, mengungkapkan pendapat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: vira raniah
Date Deposited: 21 Apr 2022 19:23
Last Modified: 21 Apr 2022 19:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52975

Actions (login required)

View Item View Item