Pengaruh media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar Matematika materi satuan waktu pada siswa kelas III MI Negeri 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Nabila Retno (2022) Pengaruh media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar Matematika materi satuan waktu pada siswa kelas III MI Negeri 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Retno Pratiwi_D77218048.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Apalagi pada masa pandemi covid-19 , pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru hanya mengandalkan buku paket dan LKS serta penugasan soal-soal melalui aplikasi WhatsApp. Ketika pembelajaran tatap muka, guru hanya menggunakan media papan tulis, tanpa disertai media pembelajaran yang memadai. Hal tersebut membuat siswa menjadi lebih cepat merasa bosan ketika melalukan pembelajaran di kelas. Siswa tentunya ingin pembelajaran disertai dengan media yang menarik yang bisa membuatnya menjadi lebih aktif dalam proses belajar. Apalagi di era digital saat ini, tentunya penggunaan teknologi dan informasi sudah berkembang dengan pesat. Media pembelajaran berbasis IT tentunya bisa digunakan ketika pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka, karena media tersebut bisa digunakan berulang-ulang. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut dengan judul penelitian pengaruh media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar matematika materi satuan waktu pada siswa kelas III MI Negeri 2 Kota Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar matematika materi satuan waktu pada siswa kelas III MI Negeri 2 Kota Surabaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design yaitu jenis penelitian eksperimen semu yang mengukur perbedaan pre-test dan post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III-B sebagai kelas eksperimen dan III-C sebagai kelas kontrol. Uji analisis data menggunakan uji T-Tes yaitu Independen Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-tes kelas eksperimen sebesar 49, 67, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42,86. Dan rata-rata post-tes pada kelas eksperimen sebesar 91,41, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 85,97. Dari hasil uji Independen Sampel T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,047 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan media powerpoint interaktif dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada pelajaran matematika materi satuan waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Nabila Retnonabilaretnopratiwi@gmail.comD77218048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, SihabudinSihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Belajar
Matematika
Keywords: Powerpoint interaktif; hasil belajar; satuan waktu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nabila Retno Pratiwi
Date Deposited: 25 Apr 2022 00:20
Last Modified: 25 Apr 2022 00:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52967

Actions (login required)

View Item View Item