Implementasi pembelajaran fikih dengan kitab Fathul Qarib di Mts Al Ibrohimi Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Muhammad Thonthowi (2021) Implementasi pembelajaran fikih dengan kitab Fathul Qarib di Mts Al Ibrohimi Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Thonthowi Anwar_D01216023.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Berdasarkan studi awal pada saat PPl di Mts al ibrohimi Manyarejo Manyar gersik saya melihat di kelas VIII-D mengenai pembelajaran fiqih dengan kitab Fathul Qarib. Biasanya guru yang mengajar hanya menggunakan Modul atau LKS sebagai bahan ajarnya, di Mts Al Ibrohimi bukan hanya Modul dan LKS saja akantetapi menggunakan kitab Fathul Qarib sebagai bahan untuk belajar mengajarnya. Hal ini menjadi perhatian karena apakah yang menjadi faktor penyebab hal itu terjadi. Pembelajaran fiqih dengan kitab Fathul Al-Qarib adalah hal yang menarik untuk memecahkan faktor yang menjadi permasalahan diatas. Penelitian dengan judul “Implementasi Pembelajaran Fikih dengan Kitab Fathul Qarib di Mts Al Ibrohimi manyarejo Manyar Gresik”, memiliki rumusan masalah bagaimana proses Implementasi pembelajaran fiqih dengan kitab Fathul Qarib, metode dan lahkah apa saja yang digunakan, serta apa saja faktor pendukung dan pengahambat dalam pembelajaran. Tujuan peneliti ini adalah untuk mendapatkan jawaban dari pembahasan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi kelapangan, serta hasil wawancara terhadap guru dan siswa. Dengan kata lain pada prinsipnya penelitian lapangan ini penulis lakukan untuk memecahkan masalah-masalah praktis yang ada dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam Implementasi Pembelajaran fikih dengan Kitab Fathul Qarib di MTs Al Ibrohimi Manyarejo Mamyar Gresik.Berdasarkan analisi data yang dilakuan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kitab Fathul Qarib di Mts Al Ibrohimi Manyarejo Manyar gresik ini menggunakan metode metode bandongan, metode sorogan, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Selama awal proses pelajaran guru dan siswa membaca doa, sesudah berdoa guru langsung memberikan pertanyaan materi yang sudah pernah di pelajari pada minggu lalu. Adapun Faktor pemhambat seperti kegiatan malam hari yang sering dilakukanhingga larut malam sehingga membuat siswa merasa mudah mengantuk saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, sedangkan faktor pendukung adalah guru menguasai materi yang diajarkan, guru menggunakan bahas yang mudah difahami oleh siswa, dan guru selalu melakukan interaksi kepada siswa dengan memberi pertanyaan atau siswa yang menanyakan materi yang belum difahami oleh siswanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Muhammad Thonthowimthonthowianwar21@gmail.comD01216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@uinsby.ac.id2025077001
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Fikih
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi; pembelajaran fikih; kitab Fathul Qarib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhammad thonthowi anwar
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:00
Last Modified: 20 Apr 2022 06:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52929

Actions (login required)

View Item View Item