Nilai-nilai ajaran agama Islam dalam tari Saman Gayo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arfi, Puji Miftahul (2022) Nilai-nilai ajaran agama Islam dalam tari Saman Gayo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puji Miftahul Arfi_A92217129.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Nilai-Nilai Ajaran Agama Islam dalam Tari Saman Gayo” ini termasuk ke dalam kategori field research. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah, (1) Islam dalam Masyarakat Gayo, (2) Keadaan Tari Saman Gayo, (3) Nilai ajaran agama Islam dalam Tari Saman Gayo. Penelitian ini memakai metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan historis. Sumber data didapatkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan telaah pustaka yang berkaitan dengan kajian Tari Saman Gayo. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika dari Charles Sanders Peirce. Kesimpulan yang bisa diambil dari keseluruhan hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Sebagian masyarakat Islam di Dataran Tinggi Gayo dulunya pernah mengikuti Tarekat Sammaniyah yang dibawa oleh Syekh Saman yang merupakan murid dari Syekh Abdusaamad al-Palimbani. (2) Tari Saman Gayo merupakan sebuah tarian tradisional yang berasal dari suku Gayo yang menurut masyarakatnya tarian ini berasal dari kata Saman yang diambil dari nama seorang ulama yaitu Syekh Saman. Tari Saman Gayo ini pernah ditampilkan di TMII pada tahun 2014. (3) Nilai ajaran agama Islam yang ada dalam Tari Saman Gayo terdapat pada pola zikir Tarekat Sammaniyah yang ada di dalam syairnya. Bukan hanya itu, nilai-nilai lainnya terdapat pada pola duduk, gerakan dan isi syair lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arfi, Puji Miftahul99puji.miftahul@gmail.comA92217129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com195904061987031004
Subjects: Budaya - Agama
Budaya
Keywords: Tari Saman Gayo, Islam di Gayo, Tarekat Sammaniyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: p puji
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:48
Last Modified: 14 Apr 2022 04:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52760

Actions (login required)

View Item View Item