IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU MELALUI PROGRAM KELAS INTENSIF DI MADRASAH ALIYAH FADLILLAH WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadonna, Shilvy Sonya Navissha (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU MELALUI PROGRAM KELAS INTENSIF DI MADRASAH ALIYAH FADLILLAH WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian hendak mengetahui implementasi kurikulum terpadu melalui program kelas intensif di Madrasah Aliyah Waru Sidoarjo, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan observasi atau pengamatan di lapangan, penulis berperan sebagai pengamat. Selain sebagai pengamat penulis juga melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara langsung dengan informan yang berkompeten dengan data atau informasi yang dibutuhkan peneliti, diantara informan yang peneliti wawancarai adalah kepala sekolah, wakil kepala kurikulum dan pengajar dalam program kelas intensif. Sedangkan untuk teknik analisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis dan tidak tertulis (lisan) dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa implementasi kurikulum terpadu melalui program kelas intensif di Madrasah Aliyah Waru Sidoarjo yakni adanya program ini memudahkan baik pengajar maupun peserta didik khususnya siswa-siswi kelas X (Sepuluh) baru dalam menghadapi kurikulum terpadu yang diterapkan dalam sebuah lembaga. Dan adanya program ini peserta didik khususnya siswa kelas X secara intensif dapat mempelajari beberapa materi terkait kurikulum terpadu yang salah satu kurikulumnya menggunakan kurikulum TMI (Tarbiyatul Mu’alimin Al Islamiyah) dan dalam materi-materinya banyak berbahasa Arab.
Dengan demikian peneliti merekomendasikan bahwa program kelas intensif ini layak untuk terus dilanjutkan atau dikembangkan seiring dengan dilakukan pengembangan-pengembangan guna untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Kesimpulan tersebut peneliti tarik dari data-data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa proses belajar mengajar di kelas intensif Madrasah Aliyah Fadlillah ini efektif dan sangat bermanfaat untuk madrasah dan peserta didik yang bersangkutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadonna, Shilvy Sonya NavisshaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Terpadu; Program Kelas Intensif;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email navissharomadonna@gmail.com
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:40
Last Modified: 28 Mar 2016 08:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item View Item