Pemberdayaan Karang Taruna melalui pemanfaatan pisang untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Dusun Sukodono Desa Sukolilo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lathif MH, Abdul (2022) Pemberdayaan Karang Taruna melalui pemanfaatan pisang untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Dusun Sukodono Desa Sukolilo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Lathif Mh_B02217001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Buah pisang sendiri merupakan salah satu buah yang banyak mengandung nutrisi mulai dari Vitamin A, B, dan C yang baik bagi tubuh. Salah satu daerah yang menjadi penghasil pisang khususnya untuk wilayah Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan adalah Dusun Sukodono. Dusun Sukodono memiliki aset dan potensi yang melimpah ruah, salah satunya: tegal, sawah, air, tanah, dan lahan yang sangat strategis untuk dimanfaatkan, ada beberapa aset yang dimiliki sekarang yaitu pohon pisang yang melimpah yang berlokasi dari sisi bagian kecil dari Dusun Sukodono, yang sebelumnya adalah tempat olahraga bola volly kini menjadi lahan kebun pisang. Metode yang digunakan dalam dampingan ini adalah Asset Based Community, Development (ABCD). Yang mana membangun kesadaran masyarakat untuk menyadari asset yang dimiliki oleh masyarakaat itu sendiri itu penting bahwa untuk mencapai sebuah perubahan sosial adalah dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat itu sendiri dengan mengetahui aset mereka. Dalam pendekatan berbasis aset atau ABCD menggunkan beberapa strategi, diantaranya: discovery (menemukan), dream (mimpi), design (merancang), define (menentukan), destiny (memastikan). Hasil dari strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat Dusun Sukodono akan aset pisang yang dimiliki, selain itu masyarakat juga mulai melakukan pemanfaatan dan pengolahan pisang menjadi produk olahan pisang yakni kripik pisang. Terjadi perubahan positif pada masyarakat dengan adanya kegiatan pendampingan yang dilakukan sehingga antusiasme dan solidaritas masyarakat dalam pemanfaatan dan pengolahan aset yang dimilikinya semakin tinggi dan tumbuh dengan kuat.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Pisang, Ekonomi Kreatif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lathif MH, Abduldullathifmh@gmail.comB02217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan; Pisang; Ekonomi Kreatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: abdul lathif
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:17
Last Modified: 07 Apr 2022 02:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52656

Actions (login required)

View Item View Item