Poduksi ruang sosial lapangan Desa dan Perubahan Masyarakat Pepelegi Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo: ditinjau dari teori produksi ruang sosial Henri Lafebvre

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Suci Ainun (2022) Poduksi ruang sosial lapangan Desa dan Perubahan Masyarakat Pepelegi Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo: ditinjau dari teori produksi ruang sosial Henri Lafebvre. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suci Ainun Hidayah_I93218094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana proses sosial yang terjadi dalam produksi ruang publik di Lapangan Desa Pepelegi dan bagaimana perubahan masyarakat desa sejak adanya lapangan desa sebagai ruang terbuka masyarakat. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub bab pembahasan yang didalamnya, antara lain pembahasan mengenai produksi ruang sosial oleh masyarakat, dan pendapat masyarakat tentang perubahan yang terjadi sejak lapangan desa ini mengalami perubahan yang cukup signifikan di wilayah Desa Pepelegi. Dalam penelitian ini membahas bagaimana produksi ruang sosial yang terjadi dan perubahan masyarakat desa pepelegi dalam gagasan Teori Produksi Ruang Sosial dari Henri Lafebvre. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara serta dokumetasi. Teori yang digunakan dalam analisis fenomena pada masyarakat Desa Pepelegi adala teori produksi ruang sosial menurut gagasan pemikiran Henri Lafebvre. Dari hasil penelitian ini temukan bahwa (1) proses sosial yang terjadi dalam produksi ruang publik di Lapangan Desa Pepelegi antara lain masyarakat memiliki tanggapan bahwa selama terdapat proses sosial yang terjadi secara aktual khususnya yang berada di pepelegi merasakan manfaat dimana lapangan desa dapat menciptakan sebuah suasana yang hidup dengan berbagai aktivitas interaksi yang dapat dilakukannya. (2) perubahan masyarakat desa sejak adanya lapangan desa sebagai ruang terbuka masyarakat terdapat perubahan yang sangat signifikan pada wajah baru lapangan desa pepelegi, banyaknya perubahan yang terjadi disana membuat masyarakat merasa antusias dan bangga disisi lain hal perubahan tersebut berlangsung diberbagai bidang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Suci AinunSuciainunhidayah31@gmail.comI93218094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.com197008021997021001
Subjects: Masyarakat
Pembangunan
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Produksi Ruang Sosial; perubahan; masyarakat desa.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Suci Ainun Hidayah
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:42
Last Modified: 05 Apr 2022 02:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52626

Actions (login required)

View Item View Item