Childfree sebagai pilihan hidup perempuan berkeluarga di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayanti, Novalinda (2022) Childfree sebagai pilihan hidup perempuan berkeluarga di Kabupaten Sidoarjo. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novalinda Rahmayanti_I73218044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, pertama: mengetahui latar belakang seorang perempuan yang telah berkeluarga memutuskan untuk Childfree, kapan keputusan Childfree diambil dan berapa lama rencana untuk Childfree. Kedua: mengetahui tanggapan suami ketika istri menginginkan Childfree, serta konstruksi masyarakat terkait fenomena Childfree dengan sub bab dampak yang akan timbul dari fenomena Childfree. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Penilaian subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam menganalisis data adalah teori feminisme liberal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan dapat mempengaruhi perempuan dalam mengambil keputusan Childfree, pada awalnya mereka masih menjalani masa perkuliahan kemudian menikah dan melakukan perjanjian pranikah untuk tidak memiliki anak sampai masa pendidikannya selesai. Keputusan Childfree hanya bersifat sementara dan rata-rata menunda hingga dua sampai empat tahun. (2) sebagai seorang perempuan suaranya tidak di bungkam dan keinginannya untuk Childfree dikabulkan pasangan mereka. Hal itu menunjukkan bahwa tidak ada unsur patriarki dalam kehidupan rumah tangga yang menjadikan perempuan berada dalam posisi subordinat. (3) masyarakat menerima keputusan perempuan maupun pasangan suami istri dalam memilih hidup Childfree. Masyarakat memahami bahwa perempuan memiliki hak untuk menentukan kehidupannya, termasuk hak atas tubuhnya sehingga tidak ada yang bisa memaksakan kehendak termasuk suaminya sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayanti, Novalindarahmayantinovalinda@gmail.comI73218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Sosiologi
Keywords: Childfree; Pilihan Hidup; Perempuan Berkeluarga; Feminisme
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Novalinda Rahmayanti
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:36
Last Modified: 04 Apr 2022 04:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52614

Actions (login required)

View Item View Item