Konseling Islam dengan terapi Dzikir untuk mengurangi anxiety disorder pada seorang remaja saat pandemi covid-19 di Desa Pasinan Lemah Putih Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnani, Dinda Maulidia Wahyu (2022) Konseling Islam dengan terapi Dzikir untuk mengurangi anxiety disorder pada seorang remaja saat pandemi covid-19 di Desa Pasinan Lemah Putih Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Maulidia Wahyu Isnani_B03218016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses munculnya permasalahan Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan) pada seorang remaja saat pandemi Covid-19, mengetahui pola pelaksanaan Terapi Dzikir untuk mengurangi gangguan kecemasan yang ada pada konseli, dan mengetahui dampak pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Dzikir untuk mengurangi gangguan kecemasan. Menurut Sadock kecemasan adalah suatu respon tubuh terhadap situasi tertentu yang mengancam, dan dianggap sebagai hal yang normal terjadi pada saat perubahan pengalaman baru atau pada saat menemukan jati diri atau kuantitas diri dan arti hidup. Dzikir merupakan kegiatan religi dengan tujuan untuk mengingat Allah SWT. Ingat tidak hanya sekedar menyebut nama Allah dalam lisan tetapi dzikir yang dimaksud adalah ingat akan zat, sifat dan perbuatan-Nya lalu berserah diri kepada-Nya sehingga tidak ada lagi rasa takut dalam menghadapi segala macam cobaan hidup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus.Hasil akhir dalam penelitian ini dapat dikatakan berhasil setelah melihat perubahan konseli dari stress, suka mengurung diri, sering menangis, overthinking, gangguan jam tidur, dan susah berkonsentrasi menjadi lebih relaks dalam menjalani hidup, mulai terbuka dengan orang sekitar, jarang menangis, kebiasaan berpikiran negatif berkurang, bisa tidur nyenyak dan jam tidur mulai normal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnani, Dinda Maulidia Wahyudindacs14@gmail.comB03218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd--2001096001
Subjects: Kepribadian
Psikologi Islam
Keywords: Konseling Islam; Dzikir; Gangguan Kecemasan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dinda Maulidia
Date Deposited: 03 Apr 2022 23:20
Last Modified: 03 Apr 2022 23:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52610

Actions (login required)

View Item View Item