Wakaf uang dan pemberdayaan ekonomi masyarakat: studianalisis terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis Crowdfunding Wakaf Uang di KSPPS BMT Nurul Ummah Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafith, Muh. Abdulloh (2021) Wakaf uang dan pemberdayaan ekonomi masyarakat: studianalisis terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis Crowdfunding Wakaf Uang di KSPPS BMT Nurul Ummah Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Abdulloh Hafith_F13318044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wakaf merupakan ibadah yang berdimensi ganda, selain menggapai keridaan dan pahala dari Allah, wakaf merupakan ibadah yang berdimensi sosial. Wujud kepentingan sosial tersebut dapat berupa pemberdayaan ekonomi masyarakat, jaminan sosial, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.Dalam manajemen modern saat ini, wakaf diintegrasikan dengan berbagai sistem modern yang telah ada, terutama terkait dengan wakaf uang yang saat ini tengah digencarkan di Indonesia salah satunya dengan sistem crowdfunding yaitu system penghimpunan dana wakaf uang dengan cara wakaf berjamaah yang umumnya menggunakan media internet.Penelitian yang mengambil lokasi di KSPPS BMT Nurul Ummah Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur ini menjawab masalah penelitian berupa pertanyaan Bagaimana praktek penghimpunan wakaf uang dengan sistem crowdfunding yang diterapkan oleh KSPPS BMT Nurul Ummah Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro?, bagaimana strategi pengelolaan wakaf uangnya serta bagaimana model pemberdayaan ekonomi masyarakat dari hasil wakaf uang tersebut?Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode diskriptif analitis, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan editing, organizing, dan analyzing. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis naratif dengan menggunakan empat langkah analisis, yaitu Pengumpulan data, Display data, Verifikasi data dan Analisis data dengan penggunakan metode Participatory action Research (PAR).Hasil penelitian dengan pendekatan Participatory Action Resarch (PAR) ini menunjukkan bahwa pengumpulan dana wakaf uang dengan tehnik crowdfunding sangat efektif. Untuk melestarikan asset wakaf, wakaf uang harus dikelola secara produktif dengan menginvestasikan pada sektor-sektor usaha syariah yang resikonya kecil, begitu pula pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berhasil harus ada pendampingan dan didukung oleh strategi, tehnik, stepping dan pendanaan yang memadai serta berkelanjutan (sustainable). Penelitian ini mempunyai implikasi teoretik pada pengembangan konsep pengelolaan wakaf uang dan juga pemberdayaan masyarakat berbasis crowdfunding wakaf uang yang dilakukan oleh KSPPS BMT (Kopersi Syariah) sebagai nazhir dan Lembaga atau organisasi sosial keagamaan yang menjadi nazhir wakaf uang sehingga wakaf uang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemaslahatan umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafith, Muh. Abdullohabdullohhafidz@gmail.comF13318044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hadi, Abu Azamabuazam1958@gmail.com2012085801
Thesis advisorArifin, Ah Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Wakaf
Keywords: Wakaf uang; Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat; Crowdfunding; BMT
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dr Muh. Abdulloh Hafith wahid
Date Deposited: 26 Mar 2022 10:45
Last Modified: 26 Mar 2022 10:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52573

Actions (login required)

View Item View Item