Konseling islam dengan terapi Shalawat Nariyah untuk mengendalikan emosi negatif seorang korban PHK di era pandemi Kelurahan Pacar Kembang Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanaan, Fadhiya Ariibah (2022) Konseling islam dengan terapi Shalawat Nariyah untuk mengendalikan emosi negatif seorang korban PHK di era pandemi Kelurahan Pacar Kembang Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhiya Ariibah Hanaan_B03218018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Konseling Islam Dengan Terapi Shalawat Nariyah Untuk Mengendalikan Emosi Negatif Seorang Korban PHK Di Era Pandemi? (2) Bagaimana Hasil Konseling Islam Dengan Terapi Shalawat Nariyah Untuk Mengendalikan Emosi Negatif Seorang Korban PHK Di Era Pandemi? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan metode penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Metode pengumpulan data didasarkan pada wawancara dan observasi yang didukung oleh orang terdekatnya (significant other). Proses yang telah dilakukan didasarkan pada teknik konseling, yaitu: identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi/treatment dan follow up/tindak lanjut. Hasilnya adalah (1) bahwa proses pelaksanaan terapi ini adalah menggunakan terapi shalawat nariyah, terapi shalawat nariyah dalam penelitian ini yaitu berkurangnya emosi negatif yang dialami oleh konseli. Hal ini diperkuat dengan hasil yang dijelaskan dalam deskriptif komparatif yang dilakukan oleh peneliti. (2) bahwa dengan terapi shalawat nariyah akan berdampak positif pada kondisi konseli yaitu sudah tidak menyalahkan orang lain, sudah tidak cemas berlebihan, sudah tidak mukul-mukul tembok, sudah tidak membentak orang lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanaan, Fadhiya Ariibahdokumentasifadhiya@gmail.comB03218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abd.akurasakur66@gmail.com2004076603
Subjects: Terapi
Keywords: Konseling Islam; Terapi shalawat nariyah; Emosi negatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fadhiya Ariibah Hanaan
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:23
Last Modified: 24 Mar 2022 03:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52530

Actions (login required)

View Item View Item