Strategi desa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Pades) melalui program desa wisata di Jambu Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Nadia Bella (2021) Strategi desa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Pades) melalui program desa wisata di Jambu Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Bella Pertiwi_I71216071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yanggdiangkat pada penelitian ini ialah (1) Bagaimana strategi Desa Jambu dalam membangun program desa wisata Jambu, (2) Apakah program desa wisata Jambu berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Desa, (3)Bagaimana strategi Desa Jambu dalam mempertahankan keberhasilan program desa wisata Jambu. Hal ini dikarenakan data penelitian menunjukkan pada tahun 2014 potensi desa Jambu mulai dikelola dan dimanfaatkan untuk membangunprogram desa wisata hingga saat ini terdapat 15 destinasi wisataedukasi yang dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PADes). Penelitian inimmenggunakan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian, dan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teoriiyang digunakan untuk melihat program Desa wisata Jambu yaitu menggunakan teori Otonomi Desa, Pemerintahan Desa, BUMDes, Pemberdayaan masyarakat Desa, serta teori manajemen strategi. Dari hasil penelitianiini ditemukan bahwa : (1)Strategi untuk membangun Desa wisata Jambu adalah membuat perencanaan dengan mengembangkan visi misi, visi misi Desa Jambu yaitu menciptakan Desa yang modern dan inovatif. Perwujudan Desa invatif mampu mengelola potensi yang ada; mengadakan sosialisasi dan musyawarah Desa agar visi misi dapat diterima masyarakat; serta observasi potensi yang ada dan mengelola sesuai kebutuhan masyarakat. Selanjutnya awal mula pelaksanaan program desa wisata Jambu dengan mengadakan penghijauan satu rumah satu pohon kelengkeng, adanya pembinaan untuk bercocok tanam, serta permodalan untuk pelaksanaan program Desa wisata. Kemudian menilai dan mengkoreksi hasil kinerja dari pelaksanaan program desa wisata Jambu. . (2) Adanya desa wisata yang merupakan unit kegiatan BUMDes Desa Jambu dapat menambah pendapatan asli desa. (3) Untuk mempertahankan keberhasilan program desa wisata Jambu yaitu dengan mempertahankan konsep kearifan lokalnya seperti melestarikan seni musik gamelan, adanya peran aktif masyarakat setempat, serta selalu mempromosikan desa wisata Jambu baik melalui youtube dan instagram desa wisata Jambu Kediri maupun mengadakan pameran diberbagai kota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Nadia Bellapertiwinadiabella@gmail.comI71216071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037801
Subjects: Pembangunan > Pembangunan Desa
Pariwisata
Keywords: Strategi; Pendapatan Asli Desa (PADes); program desa wisata
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:47
Last Modified: 18 Mar 2022 03:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52502

Actions (login required)

View Item View Item