Konsep Jiwa dalam Pemikiran Al-Razi: analisis penafsiran konsep jiwa dalam Kitab Al-Tafsir al-Kabir aw Mafatih al-Gaib Karya Fakhr al-Din al-Razi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afif, Achmad Syariful (2022) Konsep Jiwa dalam Pemikiran Al-Razi: analisis penafsiran konsep jiwa dalam Kitab Al-Tafsir al-Kabir aw Mafatih al-Gaib Karya Fakhr al-Din al-Razi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Syariful Afif_E93218076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jiwa merupakan salah satu tema penting dalam Alquran, karena dengan memahami hal ini manusia bisa memahami bagaimana memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Maka konsepsi jiwa yang parsial seperti terdapat pada sebagian pemikir modern akan menghambat manusia untuk memahami potensi terbaiknya. Maka dari itu penelitian skripsi ini membahas konsep jiwa dalam pemikiran al-Razi. Sosok al-Razi dipilih karena ia adalah sosok mufassir yang menguasai berbagai bidang ilmu seperti psikologi, kedokteran dan filsafat sehingga pemkirannya unik serta dianggap mampu mengintegrasikan ‘aql dan naql. Berangkat dari masalah ini, maka rumusan masalahnya adalah 1). Bagaiaman konsep jiwa dalam pemikiran al-Razi? dan 2). Bagaimana posisi konsep jiwa al-Razi dalam diskursus tentang jiwa? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian pustaka sebagai metode pencarian data. Lalu untuk mengolah data-data tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan ulumul qur’an dan tafsir, khususnya dengan teori tafsir tema dan studi pemikiran tokoh. Penelitian ini menyimpulkan 1). Al-Razi adalah sosok ilmuwan muslim yang mampu mengintegrasikan ‘aql dan naql, 2). Jiwa adalah sesuatu yang berbeda dari badan, terpisah secara esensial namun saling berkaitan dalam pengaturan, 3). Jiwa memiliki tiga daya atau fakultas yaitu al-quwa al-hayawaniyyah, al-quwa al-nabatiyyah dan al-quwa al-insaniyyah, 4). Manusia memiliki dua potensi yaitu potensi kebaikan (taqwa) dan keburukan (fujur), 5). Al-Razi mengemukakan siapa yang menjaga dan membersihkan jiwanya akan mampu sampai kepada Allah (ma’rifatullah) dan 6). Jika tidak diperhatikan, jiwa berpotensi dijangkiti oleh berbagai penyakit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afif, Achmad Syarifulasafif18@gmail.comE93218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Filsafat
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Jiwa; Konsep Jiwa; Potensi jiwa dan Ma’rifatullah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Achmad Syariful Afif
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:17
Last Modified: 16 Mar 2022 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52475

Actions (login required)

View Item View Item