Problematika Kejujuran dan Kedisiplinan dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Akidah Akhlak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Ainul (2022) Problematika Kejujuran dan Kedisiplinan dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Yaqin_D91217078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Problematika kejujuran dan kedisiplinan siswa kelas X MAN Kota Surabaya; 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat siswa kelas X MAN Kota surabaya tidak jujur, dan disiplin dalam pembelajaran daring; 3) Solusi yang digunakan untuk mengatasi problematika kejujuran dan kedisiplinan siswa kelas X MAN Kota Surabaya.Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang dijadikan obyek adalah siswa kelas X MAN Kota Surabaya tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif, yaitu cara pengumpulan data dalam skripsi melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi.Penelitian ini memberikan hasil bahwa: 1) Kejujuran dan kedisiplinan siswa menurun akibat proses pembalajaran daring berlangsung di masa pandemi covid 19 ini ada faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah kurang kesadaran pada diri siswa, selanjutnya adalah kurangnya pengawasan dari orang tua dan juga guru, dan juga mereka merasa kelelehan dan bosanmn ketika pembelajaran daring diberlakukan. 2) faktor-faktor yang memempengaruhi diantaranya adalah sebab pembelajaran daring waktunya sangat terbatas sehingga terkadang siswa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dan pada akhirnya siswa tersebut malas mengerjakan tugas dan memilih cara yang instan yaitu dengan cara mencontek, jaringan yang kurang stabil di daerah rumah peserta didik juga turut mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran daring, disamping itu ada kendala yang lain yaitu berupa kuota ada beberapa siswa yang mengeluh sebab kuota mereka cepat habis ketika digunakan dalam pembelajaran daring 3) solusi yang dapat diberikan adalah dengan cara memberikan motivasi kepada siswa mengenai dampak positif apabila mereka menerapkan sikap kejujuran dan kedisiplinan, dengan cara memberikan pendekatan pada siswa mengenai masalah apa yang dialami ketika pembelajaran daring berlangsung, dan juga menjalin kerjasama yang baik antara wali kelas dengan wali murid agar bisa memantau perkembangan peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Ainulyaqin1945@gmail.comD91217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Thesis advisorLuqna Hunaida, Wiwinwiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Psikologi Belajar
Keywords: Problematika; kejujuran; kedisiplinan; pembelajaran daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainul Yaqin
Date Deposited: 10 Mar 2022 13:53
Last Modified: 10 Mar 2022 13:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52406

Actions (login required)

View Item View Item