Pemberdayaan anak berkebutuhan khusus melalui pengembangan kewirausahaan kerajinan tangan di Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Kelurahan Manyar Sabrangan Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidya, Rafi' Azhimathul Hiba (2022) Pemberdayaan anak berkebutuhan khusus melalui pengembangan kewirausahaan kerajinan tangan di Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Kelurahan Manyar Sabrangan Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafi' Azhimathul Hiba Maulidya_B92216085.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus merupakan yayasan yang termasuk penyandang disabilitas. Yayasan ini memiliki aset sumber daya manusia yang mencukupi. Namun, aset tersebut masih belum bisa dimanfaatkan dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemberdayaan anak berkebutuhan khusus melalui pengembangan kewirausahaan kerajinan tangan. Penelitian ini berfokus pada anak-anak berkebutuhan khusus sebagai subyek pendampingan. Lokasi penelitian ini di Kelurahan Manyar Sabrangan Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya. Data penelitian ini diperoleh dari FGD (Focus Group Disscussion) dan wawancara bersama pengurus yayasan beserta anak-anak berkebutuhan khusus. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan Aset Based Community Development (ABCD), pendekatan ABCD pada penelitian ini berfokus pada aset yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilaksanakan melalui langkah 5-D dalam Appreciative Inquiry yakni, menemukan dan mengenali aset (discovery), membangun mimpi (dream), merancang strategi membangun mimpi (design), melaksanakan aksi (define), monitoring dan evaluasi (destiny). Hasil adalah peningkatan ekonomi bagi anak berkebutuhan khusus terutama menciptakan keterampilan atau kerajinan tangan dalam bentuk melukis. Hasil dari penyelenggarakan aksi perubahan ini meningkatkan kreativitas anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus memiliki sejumlah program yang perlu dilaksanakan, salah satunya melibatkan keterampilan yang jika dilaksanakan dengan baik akan mencapai tujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Dari hasil keterampil atau kerajinan tangan tersebut diharapkan dapat dibawa ke pasar yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, anak berkebutuhan khusus menjadi lebih kreatif, lebih percaya diri untuk mewujudkan mimpinya, dan secara bertahap memahami tentang kewirausahaan, mengevaluasi manfaat yang diterima anak, dan semakin bersemangat untuk menciptakan produk, memproduksi dan memasarkan produk tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidya, Rafi' Azhimathul HibaMaulidya630@gmail.comB92216085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Keterampilan
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Pemberdayaan; kewirausahaan; kerajinan tangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rafi' Azhimathul Hiba Maulidya
Date Deposited: 08 Mar 2022 07:03
Last Modified: 08 Mar 2022 07:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52371

Actions (login required)

View Item View Item