Penulis pemula anggota Komunitas Menulis Online: tinjauan interaksionisme simbolik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husniyah, Mauidhotul (2022) Penulis pemula anggota Komunitas Menulis Online: tinjauan interaksionisme simbolik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mauidhotul Husniyah_I93218075.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial, yang demikian manusia perlu melakukan interaksi sosial dengan sesamanya. Interaksi antar individu berkembang melalui simbol-simbol yang mereka ciptakan misalnya melalui tulisan. Menulis adalah cara kita mengungkapkan pikiran dan perasaan kita di atas kertas (atau media lain) agar orang lain bisa melihat apa yang kita pikirkan dan rasakan. Menulis adalah cara kita mengungkapkan pikiran dan perasaan kita di atas kertas (atau media lain) agar orang lain bisa melihat apa yang kita pikirkan dan rasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perjuangan penulis pemula anggota KMO (Komunitas Menulis Online) dengan studi teori interaksionisme simbolik. KMO (Komunitas Menulis Online) Indonesia merupakan salah satu komunitas menulis online terbesar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh George Herbert Mead dan Herbert Blumer menganut pemikiran manusia, munculnya proses-proses sosial dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan makna subjektif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan atau studi etnografi. Dengan menggunakan analisis etnografi virtual yang memungkinkan peneliti untuk melihat secara komprehensif interaksi sosial yang terjadi di KMO (Komunitas Menulis Online) Indonesia. Dalam hal ini peneliti akan terlibat dalam komunitas online atau virtual tersebut, dan tidak lagi bertatap muka dengan partisipan secara langsung, tetapi berinteraksi dengan mereka melalui sarana komunikasi elektronik sosial media dengan para anggota komunitas sehingga mendapat pemahaman yang mendalam tentang interaksi sosial yang berlangsung dalam komunitas tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial penulis pemula terjadi di dunia maya, di dalam grup KMO, dan platform atau media sosial yang mereka gunakan untuk mengunggah tulisan. Makna menulis yang diberikan oleh para penulis pemula terbagi dalam beberapa kategori. Ada yang memaknai menulis sebagai tempat mencurahkan segala emosi hati dan apa yang dipikirkan penulis. Ada yang mengartikannya sebagai simbol hiburan dan simbol prestasi. Simbol-simbol ini kemudian ditafsirkan, dipahami, dan diabstraksikan menjadi alasan yang mendasari mengapa para penulis berperilaku atau bertindak dalam kaitannya dengan aktivitas menulisnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husniyah, Mauidhotulmauidhotulhusniyah99@gmail.comI93218075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Menulis
Sosiologi
Sastra
Keywords: Interaksionisme simbolik; komunitas online; etnografi virtual
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mauidhotul Husniyah
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:46
Last Modified: 02 Mar 2022 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52318

Actions (login required)

View Item View Item