Implementasi sistem aplikasi a-Kinerja dalam peningkatan kinerja guru di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamalia, Jamalia (2022) Implementasi sistem aplikasi a-Kinerja dalam peningkatan kinerja guru di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jamalia_D73218050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Sistem Aplikasi A-Kinerja dalam Peningkatan Kinerja Guru di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai implementasi sistem aplikasi A-Kinerja di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, peningkatan kinerja guru di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan implementasi sistem aplikasi A-Kinerja dalam peningkatan kinerja guru di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala dinas, kepala bidang guru dan tenaga kependidikan, kepala seksi guru dan tenaga kependidikan, serta guru SMA dan SMK. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles and Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Implementasi sistem aplikasi A-Kinerja sudah diterapkan sejak tahun 2018 diawali dengan sosialisasi diberbagai sekolah oleh kepala cabang dinas; (2) Kinerja guru di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dapat dilihat dari data rekap di aplikasi A-Kinerja, dan prestasi guru disekolah dan diluar sekolah termasuk pada lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.; dan (3) Implementasi sistem aplikasi A-Kinerja dalam peningkatan kinerja guru di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dilakukan oleh guru yang mengisi laporan kinerja sesuai dengan standar beban kerja guru yang nantinya di verifikasi oleh kepala sekolah, kepala sekolah akan melaporkan hal tersebut kepada pengawas sekolah yang dimana pengawas sekolah akan verifikasi kepada kepala cabang dinas yang nantinya akan dievaluasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sehingga kinerja guru dapat termonitor dengan baik yang hasil dari rekapan kinerja tersebut akan di back-up enam bulan sekali dan dilaporkan pada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamalia, Jamaliajamaliaa27@gmail.comD73218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Implementasi; sistem aplikasi; kinerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:17
Last Modified: 02 Mar 2022 02:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52316

Actions (login required)

View Item View Item