Perhitungan awal waktu salat menggunakan bahasa pemrograman python

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi’Udin, Mochammad Azis (2021) Perhitungan awal waktu salat menggunakan bahasa pemrograman python. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Azis Nafi'Udin_C07217005.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Skripsi ini menjawab dari dua rumusan masalah, yaitu tentang Bagaimana perhitungan awal waktu salat Thomas Djamaluddin ? serta Bagaimana perhitungan awal waktu salat Thomas Djamaluddin menggunakan bahasa pemrograman Python? Penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam penyusunan skripsi ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa disebut Research and Development (R&D). Sumber primer yang peneliti gunakan adalah metode perhitungan waktu salat metode Thomas Djamaluddin. Dan sumber primer berikutnya adalah software Python. Adapun sumber data sekunder yang peneliti gunakan adalah metode perhitungan waktu salat dalam buku ilmu falak praktis karya Dr. H Ahmad Izzzudin, Tutorial Pemrograman Python 2 Untuk Pemula karya Sandy H.S. Herho, Belajar Pemrograman Python dasar karya Ridwan Fajar Septian, Membuat Aplikasi Bisnis Menggunakan bahasa Python dan database berbasis SQL karya Owo Sugiana. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode dokumentasi (documentation). Hasil dari penelitian ini menjawab dari rumusan masalah yang pertama Langkah-langkah perhitungan waktu salat metode Thomas Djamaluddin adalah dimulai dengan Melakukan pengolahan data dengan menghitung nilai Radians, N, Lamb, dan Phi. Kemudian Melakukan perhitungan data awal waktu salat Thomas Djamaluddin dengan menghitung data T, M, L, Lh, Q1, Q11, Ra, Ra1, SinDe, CosDe, Y, Y1, ATNX, H, H1, Tloc, Tloc1, Tloc2, Tloc3. Dilanjutkan dengan meghitung jadwal waktu salat seperti Subuh, Terbit, Zuhur, Asar Maghrib, Isya dengan data lintang dan bujur sesuai yang ingin dihitung beserta beberapa data dengan Langkah a dan b. Setelah itu akan didapatkan hasil dari perhitungan awal waktu salat metode Thomas Djamaluddin. Kedua, Perhitungan waktu salat metode Thomas Djamaluddin Langkah-langkah perhitungan waktu menggunakan bahasa Pemrograman Python adalah dimulai Membuat input lintang tempat, bujur tempat dan Zona waktu. Dilanjutkan dengan Mengimplementasikan rumus Thomas Djamaluddin kedalam bahasa pemrograman Python seperti rumus Radians, N, Lamb, dan Phi, T, M, L, Lh, Q1, Q11, Ra, Ra1, SinDe, CosDe, Y, Y1, ATNX, H, H1, Tloc, Tloc1, Tloc2, Tloc3. Kemudian Membuat output berupa jam, menit, dan detik terkait jadwal awal waktu salat Subuh, Terbit, Zuhur, Asar Maghrib, Isya. Setelah melakukan penelitian tentang pemrograman waktu salat menggunakan bahasa pemrograman Python, peneliti memberikan saran, bahwa semakin berkembangnya teknologi yang semakin maju, akan menantang ilmu falak untuk tetap eksis di masa depan. Maka diharapkan program ini dapat di upgrade mengikuti versi selanjutnya, sehingga dapat berjalan pada sistem operasi lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi’Udin, Mochammad Azismochammadazis13@gmail.comC07217005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Astronomi
Salat
Keywords: Awal waktu salat; bahasa pemrograman python
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Mochammad Azis Nafi'udin
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:33
Last Modified: 02 Mar 2022 02:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52306

Actions (login required)

View Item View Item