Perhitungan data matahari dalam Buku Planetary Programs And Tables From -4000 To +2800 untuk pemrograman awal waktu salat menggunakan Software Microsoft Spreadsheet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzulikrom, Muhammad Muadz (2022) Perhitungan data matahari dalam Buku Planetary Programs And Tables From -4000 To +2800 untuk pemrograman awal waktu salat menggunakan Software Microsoft Spreadsheet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Muadz Dzulikrom_C76218014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Agar dapat menjawab dua rumusan masalah tersebut peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Sumber data primer yang penulis gunakan adalah perhitungan data matahari dalam buku Planetary Programs and Tables From -4000 To +2800 karya Pierre Bretagnon dan Jean-Louis Simon dan Microsoft Spreadsheet. Sumber data sekunder yang peneliti gunakan adalah perhitungan awal waktu salat yang dipublikasikan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, buku Explanatory Supplement to The Astronomical Almanac, dan data-data jadwal waktu salat yang ada dalam beberapa software speerti Win Hisab dan Accurate Times. Untuk pembuatan program dan alur pemrograman Microsoft Spreadsheet, penulis menggunakan Microsoft Office Excel 2007 for dummies karya Greg Harvey, Practical Astronomy with your Calculator or Spreadsheet karya Peter Duffett Smith dan Jonathan Zwart. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode dokumentasi. Metode analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi sepuluh tahap yakni: 1. Potensi dan masalah. 2. Mengumpulkan informasi. 3. Desain program. 4. Validasi desain program. 5. Revisi program I. 6. Uji coba program. 7. Revisi program II. 8. Uji coba pemakaian. 9. Revisi progam III. 10. Produk final. Hasil penelitian ini menjawab dua rumusan masalah, yang pertama yakni mencari hari julian pada tanggal tertentu dan pada jam tertentu di suatu daerah kemudian Mencari hari Julian UT yang terkoreksi dengan Delta T kemudian Mencari nilai deklinasi, semidiameter, dan equation of time berdasarkan pada hasil JDUT, lalu menghitung awal waktu salat. Kedua, Membuat desain input data. Kemudian mengimplementasikan rumus perhitungan data Matahari dalam buku Planetary Programs and Tables from -4000 to +2800 untuk mencari data Matahari seperti deklinasi, semidiameter, equation of time yang digunakan untuk menghitung awal waktu salat. Terakhir adalah membuat output waktu salat dalam satu bulan masehi berupa jam, menit, dan detik untuk setiap jadwal waktu salat. Setelah melakukan penelitian tentang pemrograman waktu salat menggunakan Microsoft Spreadsheet, disini peneliti memberikan saran yakni Adapun saran yang disarankan oleh penulis, yakni: diharapkan program ini dapat di program dengan bahasa pemrograman yang lain, dan dapat dibuat software dalam komputer ataupun aplikasi pada sistem Android dan IOs. Saran kedua yakni, perhitungan ini bisa dijadikan alternatif sebagai perhitungan data Matahari yang lebih rumit seperti dalam buku Astronomical Algorithms. Juga dapat ditambahkan beberapa jadwal terbaik, makruh, dan jadwal yang diharamkan untuk salat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzulikrom, Muhammad Muadzmuadzdzulikrom1711@gmail.comC76218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Astronomi
Salat
Falak
Keywords: Ilmu falak; perhitungan data matahari; buku planetary.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Dzulikrom
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:45
Last Modified: 01 Mar 2022 04:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52287

Actions (login required)

View Item View Item