Analisis hukum islam terhadap perkawinan dengan Gangguan Skizofrenia: studi kasus perkawinan di Dusun Krajan Selatan Desa Gadingrejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Ayu Ida (2022) Analisis hukum islam terhadap perkawinan dengan Gangguan Skizofrenia: studi kasus perkawinan di Dusun Krajan Selatan Desa Gadingrejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Ida Lestari_C91215043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis penelitian (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber primer yang Penulis gunakan adalah hasil wawancara bersama pihak KUA Umbulsari, Mempelai perkawinan penyandang skizofrenia di Dusun Krajan Selatan Desa Gadingrejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember, dan saksi Mempelai perkawinan penyandang skizofrenia di Dusun Krajan Selatan Desa Gadingrejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah menggunakan metode wawancara (interview). Sedangkan teknik analisis yang di gunakan dalam penelitan ada tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa: analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan akad nikah orang dengan penyandang Skizofrenia di Dusun Krajan Selatan Desa Gadingrejo Kecamatan Umbulsari hukumnya adalah sah. Meskipun Wd mengalami gangguan skizofrenia, kondisi Wd ketika dilakukannya akad nikah ia dalam keadaan sadar dan gangguan skizofrenia nya tidak kambuh. Akad nikah tersebut dihadiri lebih dari lima orang, yakni kedua mempelai, wali, dua orang saksi, serta kepala KUA. Tidak adanya paksaan dalam pernikahan Wd dan Ana, sehingga didalam kasus ini hukum akad nikah yang dilaksanakan oleh keduanya dinyatakan sah, baik secara agama ataupun secara hukum. Sedangkan analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan kewajiban orang dengan Gangguan Skizofrenia di Dusun Krajan Selatan Desa Gadingrejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember kehidupan pernikahannya mereka tidak dapat berjalan dengan baik. Gangguan skizofrenia yang dialami oleh Wd membuat Wd tidak dapat menjadi kepala rumah tangga yang baik, yang memiliki kewajiban dalam memenuhi kebutuhan istrinya. Wd bahkan sukar dalam mengurus pribadinya sendiri sehingga hak dan kewajiban kepada Ana selaku istrinya tidak bisa dipenuhi dengan baik.
Saran bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk meneliti permaslahan atau judul yang hampir sejenis, dapat menggunakan penelitian ini sebagai rujukan penelitian untuk menambah kajian penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Ayu Idaayuidha9999@gmail.comC91215043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaludinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Hukum Islam
Perkawinan
Keywords: Akad nikah; penyandang Skizofrenia; Kewajiban suami; pernikahan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ayu Ida Lestari
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:02
Last Modified: 01 Mar 2022 03:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52285

Actions (login required)

View Item View Item