Strategi pengembangan wirausaha muslim home industri Tempe Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhidayati, Danis (2020) Strategi pengembangan wirausaha muslim home industri Tempe Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Danis Nurhidayati_C04213015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Home industri tempe adalah perusahaan skala kecil yang bergerak dalam bidang pangan berupa tempe. Tempe yang berbahan dasar kedelai memiliki nilai jual yang relatif murah. Agar memiliki nilai jual di pasaran para wirausahawan muslim home industri tempe harus melakukan berbagai strategi agar produk tempe tetap bertahan di pasaran dan menjadi pilihan konsumen dan menggunakan prinsip strategi bisnis islam karena mayoritas pemilik home industri adalah muslim. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah strategi pengembangan wirausaha muslim home industri tempe sudah sesuai dengan syariah islam, nilai syariah apa saja yang digunakan dalam strategi pengembangan, dan apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat dalam menerapkan strategi pengembangan wirausaha muslim home industri tempe di desa Sepande kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan home industri tempe yang dilakukan oleh wirausahawan muslim dengan menggunakan sistem syariah. Subyek dalam penelitian ini adalah strategi pengembangan home industri tempe dengan sumber data pemilik home industri tempe, karyawan home industri serta masyarakat sekitar. Data dalam penelitian ini di dapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah home industri tempe di desa sepande secara formal belum bisa dikatakan produk pangan yang sesuai syariah dikarenakan belum memiliki label dan sertifikasi halal dari MUI seperti produk-produk lainnya. Namun secara praktis produk tempe yang dihasilkan oleh home industri tempe desa Sepande ini sudah menjalankan etika bisnis islam, dengan kata lain strategi pengembangan home industri tempe ini sudah sesuai dengan syariah islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhidayati, Danisdanisnurhidayati18@gmail.comC04213015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004UNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Keywords: Strategi pengembangan home industry; wirausaha muslim
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2022 09:16
Last Modified: 18 Feb 2022 09:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52173

Actions (login required)

View Item View Item