Konseling Islam dengan Teknik Muhasabah untuk menangani konsep diri negatif pada remaja akhir di Desa Keret Kec. Krembung Kab. Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Kuswidyanti Oktavia (2021) Konseling Islam dengan Teknik Muhasabah untuk menangani konsep diri negatif pada remaja akhir di Desa Keret Kec. Krembung Kab. Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kuswidyanti Oktavia Putri_B93217091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil konseling Islam dengan teknik muhasabah untuk menangani konsep diri negatif pada remaja akhir. Dalam hal ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif komperatif. Dimana analisis tersebut membandingankan antara teori yang dengan hasil yang ada di lapngan saat melakukan penelitian Data yang didapatkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa proses konseling Islam dengan teknik muhasabah untuk menangani konsep diri negatif memiliki 3 tahapan yaitu : tahap pertama membandingkan antara nikmat dari Allah dengan keburukan yang dilakukan, kemudian tahap kedua harus membedakan anatara hak Allah atas dirinya berupa kewajiban sebagai hamba Allah SWT, dilanjutkan tahap ketiga yaitu harus mengetahui bahwa setiap orang tidak diperbolehkan untuk cepat merasa puas atas apa yang telah dicapai.Adapun hasil dari konseling Islam dengan teknik muhasabah dikatakan cukup berhasil untuk menangani konsep diri negatif pada remaja akhir, hal ini dapat dilihat dari sebelum konseling konseli merasa tidak percaya diri, menutup diri dengan lingkungan, merasa tidak berharga ketika perceraian orang tuanya sehingga merasa dirinya juga akan dipandang sebelah mata oleh orang lain, konseli juga merasa tidak memiliki kemampuan dan tujuan hidup yang pasti. Saat sesudah diberikannya treatment konseli mulai menunjukkan perubahan dalam dirinya dengan mulai adanya rasa percaya diri, membuka diri dengan lingkungan, dapat bersosialisasi dengan teman dan orang di sekitarnya, mulai menggali potensi yang dimiliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Kuswidyanti Oktaviataviaputri05@gmail.comB93217091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarifainurrofiq@uinsby.ac.id2008087706
Subjects: Dakwah > Dakwah, Psikologi
Remaja
Keywords: Konseling Islam; teknik muhasabah; konsep diri negatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kuswidyanti Oktavia Putri
Date Deposited: 08 Mar 2022 22:36
Last Modified: 08 Mar 2022 22:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52151

Actions (login required)

View Item View Item