Evaluasi kualitas website BKKBN Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tamara, Edho Yusril Dwi (2022) Evaluasi kualitas website BKKBN Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edho Yusril Dwi Tamara_H76216032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model ISO 25010 ini merupakan bagian dari Software product Quality Requirements an Evaluation (SquaRE), yang merupakan pengembangan dari model kualitas perangkat lunak sebelumnya yaitu ISO 9126. Pada model ISO 25010 ini digunakan untuk melihat kualitas dari suatu perangkat lunak oleh perusahaan, organisasi, maupun instansi. Pada penelitian ini penulis mengambil objek penelitian pada website BKKBN Provinsi Jawa Timur. Hal ini didasari karena menurut dari salah satu pegawai di bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (ADPIN) saat penulis melakukan observasi, website BKKBN Provinsi Jawa Timur belum pernah diuji untuk melihat kualitas dari website tersebut. Maka dari itu penulis berkesempatan untuk menganalisis website BKKBN Provinsi Jawa Timur berdasarkan persepsi responden guna untuk memperoleh nilai presentase standar kualitas dari website jika diukur dengan menggunakaan model ISO 25010 agar dapat dijadikan tolak ukur kepada tim pengelola website untuk selanjutnya melakukan perbaikan, modifikasi, ataupun pengembangan pada website BKKBN Provinsi Jawa Timur. Model analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah mengacu pada aspek model ISO 25010 yang digunakan yaitu performance efficiency, usability, maintainability, dan portability. Dimana dalam pengumpulan data menggunakan purposive sampling dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner. Kemudian untuk aspek performance efficiency menggunakan tools GTMetrix sebagai alat bantu untuk menilai performance dan halaman dari website BKKBN Provinsi Jawa Timur. Hasil dari analisis menggunakan model ISO 25010 ini diperoleh nilai hasil pada domain performance efficiency dengan rata-rata kecepatan untuk membuka halaman mendapatkan grade E (56%), dan grade D (60%) untuk YSlow, sedangkan rata-rata waktu yang ditempuh untuk membuka halaman adalah 4.4 detik, pada domain usability diperoleh nilai presentase sebesar 87,70% dengan kriteria “Sangat Baik”, pada domain maintainability diperoleh nilai presentase sebesar 84,20% dengan kriteria “Sangat Baik”, dan pada domain portability diperoleh nilai presentase sebesar 86,95% dengan kriteria “Sangat Baik”. Sehingga secara umum dari evaluasi kualitas website BKKBN Provinsi Jawa Timur jika diukur menggunakan standar ISO 25010 memiliki nilai standar presentase sebesar 86,28% dengan kriteria “Sangat Baik”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tamara, Edho Yusril Dwitamaraedho@gmail.comH76216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id0729017902
Subjects: Internet
Manajemen
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: ISO 25010; GTMetrix; Software product Quality Requirements and Evaluation (SquaRE); Website
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Edho Yusril Dwi Tamara
Date Deposited: 18 Feb 2022 04:01
Last Modified: 18 Feb 2022 04:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52135

Actions (login required)

View Item View Item