Pengembangan pembelajaran Matematika berdasarkan model pembelajaran artikulasi dengan strategi ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohananto, Muhammad Dwiki (2022) Pengembangan pembelajaran Matematika berdasarkan model pembelajaran artikulasi dengan strategi ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Dwiki Rohananto_D04217018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran artikulasi sendiri adalah sebuah model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran, dimana siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok guna mendiskusikan dengan teman satu kelompoknya tentang materi yang dijelaskan oleh guru, sedangkan strategi ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat memahami materi seoptimal mungkin. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan pendekatan Plomp. Penelitian dilaksanakan MTs. As-syafi’iyah Sidoarjo. Teknik pengumpulan terbagi menjadi dua yakni observasi siswa, dan tes tertulis yakni tes pre-test (tes sebelum perlakuan), post-test (tes sesudah perlakuan). Hasil tes pre-test dan post-test ini kemudian dianalisis menggunakan analisis Mann-Whitney untuk data observasi peneliti akan menganalisis menggunakan rumus yang tertera di bab III. Penelitian ini memperoleh simpulan yakni tahapan pengembangan pembelajaran matematika berdasarkan model pembelajaran artikulasi dengan strategi ekspositori dimulai dari fase invesigasi awal yang kemudian dilanjutkan oleh langkah dan fase – fase berikutnya yakni, analisis kurikulum, analisis materi, analisis tuntutan kurikulum, perancangan, validasi perangkat dan instrumen penelitian, dan penulisan laporan pengembangan pembelajaran matematika berdasarkan model pembelajaran artikulasi dengan strategi ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Perangkat dan instrumen penelitian pengembangan pembelajaran matematika berdasarkan model pembelajaran artikulasi dengan strategi ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria “valid”. Aktivitas siswa pada saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran artikulasi dengan strategi ekspositori dapat dikatakan aktif. Hal ini didasari karena 13 siswa dari 21 siswa telah melaksanakan sintaks pembelajaran dengan baik dengan mendapat persentase nilai lebih dari sama dengan 75% pada seluruh pertemuan. Keterlaksanaan sintaks pembelajaran matematika berdasarkan model pembelajaran artikulasi dengan strategi ekspositori yang dilaksanakan oleh guru memenuhi kriteria “sangat baik”. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran artikulasi dengan strategi ekspositori dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 61,5 poin (peningkatan terendah 57,893 dan tertinggi 65,207).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohananto, Muhammad Dwikidwikimuhammad80@gmail.comD04217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Model artikulasi; strategi ekspositori; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Dwiki Rohananto
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:40
Last Modified: 18 Feb 2022 02:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52131

Actions (login required)

View Item View Item