JAMAAH PUTRI AN-NAADLIRIYYAH (1994-2014) : STUDI TENTANG DZIKIR KUBRA AHAD MANIS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariah, Faridatul (2014) JAMAAH PUTRI AN-NAADLIRIYYAH (1994-2014) : STUDI TENTANG DZIKIR KUBRA AHAD MANIS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Jamaah Putri An-Naadliriyyah (Studi Tentang Dzikir Kubra Ahad Manis). Materi yang diteliti dalam skripsi ini berkaitan dengan : (1) Bagaimana pengertian dzikir dan fungsinya menurut al-Quran, Hadist dan para ulama’?. (2) Bagaimana sejarah berdirinya Jamaah Putri An-Naadliriyyah?. (3) Bagaima Dzikir Kubra Ahad Manis dan Pengaruhnya bagi Jamaah Putri An-Naadliriyyah?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosial antropologi. Sesuai dengan masalah tersebut sumber yang digunakan adalah pengamatan secara langsung terhadap kegiatan Dzikir Kubra Ahad Manis dan wawancara dengan pihak-pihak terlibat dalam Jamaah Putri An-Naadliriyyah. Serta buku-buku referensi pendukung yang berkaitan dengan pembahasan ini.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa, (1) Dzikir ditinjau dari segi bahasa (lughatan) adalah mengingat, sedangkan dzikir secara istilah adalah membasahi lidah dengan ucapan-ucapan pujian kepada Allah. (2) Jamaah Putri An-Naadliriyyah didirikan pada tanggal 18 rajab 1415 H/ 1994 M di desa Selok Besuki, Kabupaten Lumajang. Penyebarannya menggunakan cara “Hijrah” atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. (3) Dzikir Kubra Ahad manis merupakan salah satu ritual keagamaan rutin yang diselenggarakan oleh Jamaah Putri An-Naadliriyyah. Ritual dzikiran ini dimaksudkan untuk berdoa bersama-sama untuk mendekatkan diri kepada Allah serta meminta pertolongan dan perlindungan dari Allah. Fungsi serta pengaruh dzikir bagi anggota Jamaah yaitu sebagai alat untuk mendekatkan diri kepada Allah, Menyucikan diri, menentramkan hati dan melancarkan usaha. Akan tetapi ada pula anggota jamaah yang tidak memiliki pengaruh apa-apa dan mengikuti acara hanya sebagai kesenangannya dengan keramaian. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua dzikir berpengaruh positif bagi Jamaah/pengamalnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ridwan Abu Bakar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariah, FaridatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Uncontrolled Keywords: Dzikir Kubra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 09:14
Last Modified: 09 Feb 2015 09:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item