Penerapan internalisasi nilai multikultural terhadap pembentukan karakter anak di TPQ Al-Mukhlashin Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvionita, Tasya Martha Dwi (2022) Penerapan internalisasi nilai multikultural terhadap pembentukan karakter anak di TPQ Al-Mukhlashin Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tasya Martha Dwi Alvionita_E02218023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui dua persoalan yakni pertama, bagaimana karakter anak di TPQ Al-Mukhlashin Surabaya sebelum diajarkan nilai multikultural. Kedua, bagaimana pengaruh karakter anak setelah dilakukan pembelajaran mengenai nilai multicultural. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yakni penelitian dimana ia lebih melihat fenomena yang konteks atau data nya mungkin bisa berubah sesuai dengan berjalannya waktu. Sumber utama dalam penelitian ini yakni objek lapangan, dalam penerapan internalisasi nilai multicultural terhadap pembentukan karakter anak, maka penelitian ini terlibat langsung pada proses pengajaran di TPQ Al-Mukhlashin Surabaya. Metode pengumumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yakni observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Sumber data yang diperoleh orang-orang yang dijadikan informan yakni, tiga ustadzah, tiga santri dan juga orang tua dari santri TPQ Al-Mukhlashin Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama peran ustadz/ustadzah terlihat bahwa mereka sangat antusias dan ikhlas dalam menjalaninya, karena mereka tidak hanya memiliki visi dan misi untuk mencetak generasi yang Qur’ani melainkan juga berusaha membentuk karakter anak yang memiliki nilai multicultural. Kedua, perubahan terlihat sangat jelas dari sebelum dan sesudah masuk di TPQ yakni lebih memiliki karakter sopan dan santun, disiplin waktu, tanggung jawab, memiliki nilai toleransi yang tinggi, serta perilaku religiusitas mereka yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvionita, Tasya Martha Dwitasyamartha16@gmail.comE02218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127104
Subjects: Budaya - Agama
Perbandingan Agama
Perbandingan Agama

Toleransi
Keywords: Nilai multicultural; pembentukan karakter anak; TPQ Al-Mukhlashin Surabaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Tasya Alvionita
Date Deposited: 16 Feb 2022 10:30
Last Modified: 16 Feb 2022 10:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52086

Actions (login required)

View Item View Item