Identifikasi penyakit Kanker Payudara menggunakan metode GLRLM dan SVM dengan Reduksi Fitur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zein, Rizqa Fiany (2021) Identifikasi penyakit Kanker Payudara menggunakan metode GLRLM dan SVM dengan Reduksi Fitur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqa Fiany Zein_H92218051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu penyebab utama dari kasus kematian di dunia yaitu penyakit kanker. Di Indonesia, kanker payudara termasuk salah satu penyakit yang banyak diderita dengan angka mencapai 28.7% jumlah penderita penyakit kanker payudara. Oleh karena itu penting dilakukan pencegahan dini untuk mengurasi angka penderita kanker payudara. Dalam dunia medis, saat ini telah banyak cara untuk mendeteksi penyakit kanker payudara, yaitu salah satunya pemanfaatan citra digital (mammogram). Citra mammogram akan dilakukan beberapa langkah untuk sampai pada sistem klasifikasi. Pertama, pengumpulan data citra Mammogram untuk setiap kelas. Kedua, preprocessing yaitu digunakan untuk memperbaiki kualitas dari setiap data citra dengan menggunakan metode CLAHE dan Median Filter. Ketiga, ekstraksi fitur dan reduksi yaitu untuk pengambilan ciri penting pada setiap citra dengan menggunakan metode GLRLM dan PCA. Terakhir, sistem klasifikasi yaitu menggunakan metode SVM untuk mencari model terbaik klasfikasi. Pada penelitian ini diperoleh peningkatan evaluasi ketika dilakukan reduksi fitur, pada sistem klasifikasi Normal-Upnormal diperoleh hasil terbaik yaitu pada sudut 90◦ yaitu akurasi sebesar 71.875% mengalami peningkatan sebanyak 8.239%. Pada sistem klasifikasi Jinak-Ganas diperoleh hasil terbaik yaitu pada sudut 0◦ yaitu akurasi sebesar 81.818% mengalami peningkatan sebanyak 9.091%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam proses mengidentifikasi penyakit kanker payudara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zein, Rizqa Fianyrizkavianyp@gmail.comH92218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.id198511242014032001
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.com197312252006041001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Komputer
Matematika
Keywords: Citra Mammogram; Breast Cancer; GLRLM; PCA; SVM.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Rizqa Fiany Zein
Date Deposited: 14 Feb 2022 10:12
Last Modified: 14 Feb 2022 10:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52078

Actions (login required)

View Item View Item