Pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada Materi Adab dalam membentuk karakter Islami siswa di Sd Khairunnas Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Riawati (2021) Pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada Materi Adab dalam membentuk karakter Islami siswa di Sd Khairunnas Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riawati Azizah_F02319078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penguatan pendidikan karakter yang relevan untuk mengatasi krisis moral dan akhlak generasi saat ini yaitu dengan penerapan dari pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada materi adab dalam membentuk karakter Islami siswa di SD Khairunnas Surabaya. Dimana meskipun pembelajaran adab dilakukan secara jarak jauh tetapi tetap dapat menjaga dan membentuk karakter Islami siswa selama siswa belajar dari rumah. Pembelajaran adab yang dilakukan secara jarak jauh dengan pembelajaran adab yang dilakukan secara tatap muka tentu berbeda, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, juga evaluasinya. Pembelajaran adab di SD Khairunnas Surabaya tidak hanya mengajarkan teori saja kepada siswanya, tetapi juga output siswanya yang dapat menerapkan adab yang telah mereka pelajari ke dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah perencanaan pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada materi adab dalam membentuk karakter Islami siswa di SD Khairunnas Surabaya, pelaksanaan pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada materi adab dalam membentuk karakter Islami siswa di SD Khairunnas Surabaya, dan evaluasi pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada materi adab dalam membentuk karakter Islami siswa di SD Khairunnas Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan manajemen yang dilakukan di SD Khairunnas Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian dilakukan dengan meningkatkan kecermatan penelitian, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada materi adab dalam membentuk karakter Islami siswa yang dilakukan SD Khairunnas sudah tersusun dengan baik, 2) Pelaksanaan pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada materi adab dalam membentuk karakter Islami siswa di SD Khairunnas Surabaya sudah berjalan dengan baik, 3) Evaluasi pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada materi adab dalam membentuk karakter Islami siswa di SD Khairunnas Surabaya sudah berjalan dengan cukup baik, sedikit banyak siswa telah menerapkan adab yang mereka pelajari dalam keseharian mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Riawatiriawati.azizah96@gmail.comF02319078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Belajar
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pengelolaan embelajaran jarak jauh; pelajaran adab; pembentukan karakter islami.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:32
Last Modified: 12 Feb 2022 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52043

Actions (login required)

View Item View Item