Analisis kinerja pelayanan kesehatan pada Puskesmas Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafiqa, Diana (2021) Analisis kinerja pelayanan kesehatan pada Puskesmas Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Rafiqa_I71217029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu unittpelayanan kesehatan terdepan yang mudah dijangkau dan terletak paling dekat di masyarakat jika dibandikan unit pelayanan kesehatan lainnya. Puskesmas termasuk unit pelayanan kesehatan terkecil dari pilihan berbagai uit kesehatan. Namun, meskipun Puskesmas sebagai unit pelayanan kesehatan terkecil di tengah masyarakat, Puskesmas tetap harus memberikan pelayanan kesehatan yang ideal dan berkesinambungan bagi masyarakat yang ingin berobat ataupun yang hanya ingin meminta syarat administrasi untuk berobat di fasilitas kesehatan lainnya yang lebih besar. Untuk menjadi Puskesmas yang memiliki kinerja pelayanan yang baik dan ideal, maka pada penelitian ini peneliti terfokus bagaimana kinerja pelayanan, respon masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Tambak Wedi serta cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang terdapat pada Puskesmas Tambak Wedi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan dua variabel teknik analisa data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengumpulan data peneliti memakai observasi partisipan,dokumentasi, dan wawancara. Dalam kinerja pelayanan pada Puskesmas Tambak Wedi masih belum dikatakan baik karena masih terdapat dua dimensi yang belum bisa sepenuhnya dipenuhi oleh Puskesmas Tambak Wedi tetapi, sudah bisa dikatakan ideal, dikarenakan terdapat tiga dimensi yang telah dipenuhi. kriteria yang diharapkan oleh pengunjung dengan mengacu pada teori Tjiptono (1998:91). Salah satu faktor yang menjadikan pelayanan publik pada Puskesmas Tambak Wedi yang dirasa kurang baik adalah terdapat pada dari kinerja pegawai. Sikap yang kurang ramah dalam melayani setiap pengunjung terdapat dari kinerja pegawainya sehingga yang dirasakan oleh para pengunjung setelah mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tambak Wedi masih merasakan beberapa pelayanan dari pegawai yang kurang memuaskan. Namun, para pegawai Puskesmas Tambak Wedi telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas kinerja pegawai. Karena jika kinerja pegawai telah baik, maka kualitas pelayanan di Puskesmas juga di anggap baik. Begitu pula sebaliknya, jika kinerja pegawai nya buruk dapat mempengaruhi kualitas pelayanan yang di berikan oleh puskesmas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafiqa, Dianadianarafiqa99@gmail.comI71217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyuthi, Ahmadahmadasuyuthi@gmail.com197407212006041001
Subjects: Layanan
Keywords: Kinerja; Pelayanan publik.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Diana Rafiqa
Date Deposited: 17 Feb 2022 12:59
Last Modified: 17 Feb 2022 12:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52022

Actions (login required)

View Item View Item