Perubahan perilaku sosial dan keagamaan atlet bulutangkis perantauan di Persatuan Bulutangkis Pratama Kota Surabaya dalam tinjauan teori pertukaran sosial George Homans

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diningrum, Rezia Dwi (2022) Perubahan perilaku sosial dan keagamaan atlet bulutangkis perantauan di Persatuan Bulutangkis Pratama Kota Surabaya dalam tinjauan teori pertukaran sosial George Homans. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rezia Dwi Diningrum_I93218083.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah membahas tentang perubahan perilaku sosial dan keagamaan atlet bulutangkis perantauan di Persatuan Bulutangkis Pratama Kota Surabaya. Atlet bulutangkis yang ada diperantauan mengalami perubahan saat menyesuaikan diri di lingkungan yang baru karena perbedaan adat, norma dan kebudayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan perilaku sosial dan keagamaan atlet bulutangkis saat merantau serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi atlet bulutangkis perantauan mengalami perubahan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik snow ball sampling. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori Pertukaran Sosial George Homans. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Atlet bulutangkis saat merantau mengalami perubahan perilaku sosial dan keagamaan. Perubahan perilaku sosial secara positif seperti bertanggung jawab, mandiri, dan rajin berlatih. Perubahan perilaku secara negatif seperti sering melanggar peraturan yang sudah dibuat. Perubahan keagamaan seperti meninggalkan kewajiban beribadah. (2) Faktor yang mempengaruhi atlet bulutangkis perantauan mengalami perubahan perilaku sosial tersebut adalah faktor internal (dari diri sendiri) dan faktor eksternal (lingkungan sekitar asrama, teman sebaya dan seniornya).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diningrum, Rezia Dwireziadwi5@gmail.comI93218083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Perilaku
Keywords: Perubahan sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rezia Dwi Diningrum
Date Deposited: 16 Feb 2022 02:38
Last Modified: 16 Feb 2022 02:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52018

Actions (login required)

View Item View Item