Strategi guru dalam membentuk karakter siswa di SDI Miftahul Hikmah Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Fitria (2022) Strategi guru dalam membentuk karakter siswa di SDI Miftahul Hikmah Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Farida_D97216105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Disiplin merupakan point penting bagi kehidupan dan perilaku siswa. Akan tetapi dalam kenyataannya masih dijumpai banyak siswa yang kurang kesadaran disiplin, siswa tidak peduli terhadap peraturan tata tertib sekolah yang ada. Sehingga kerapkali siswa melakukan pelanggaran baik itu bentuk pelanggaran ringan sampai bentuk pelanggaran tingkat tinggi. Maka dari itu pembentukan pendidikan karakter sejak dini perlu diterapkan untuk solusi yang tepat atas terjadinya persoalan perilaku negatif siswa. Pendidikan karakter ini dimulai dari lingkungan terkecilnya, yakni keluarga, lingkungan bermain, dan lembaga sekolah. Dalam lingkungan sekolah guru memiliki peran penting sebagai ujung tombak dalam mangajarkan nilai-nilai karakter pada anak. Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untuk meneliti dan menelaah bagaimana strategi guru dalam membentuk pendidikan karakter dalam lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui strategi apa yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SDI Miftahul Hikmah Mojokerto. 3) Mengetahui bagaimana peran sekolah dalam membentuk karakter di SDI Miftahul Hikmah Mojokerto. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan waancara. kemudian peneliti menganalisis data menggunakan analisis deskritif kualitatif oleh Miles dan Huberman. Dan dilanjutkan pengujian keabsahan data dengan Trianggulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk karakter siswa di SDI Miftahul Hikmah Mojokerto sangatlah beragam. Strategi guru yang dalam pembentukan karakter diaplikasikan dalam pengintegrasian melalui pembelajaran di kelas seperti mendisiplinkan siswa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, menerapkan peraturan jam masuk kelas pukul 07.00 WIB, mendisiplinkan siswa belajar melalui pemberian tugas. Strategi lainnya melalui bentuk (1) keteladanan (2) kegiatan spontan (3) teguran. Peran sekolah dalam membentuk karakter di SDI Miftahul Hikmah Mojokerto yakni melalui penerapan tata tertib sekolah dan program TDS (Tim Disiplin Siswa).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Fitriafitriafarida2@gmail.comD97216105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Juharoti--2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin2020027701
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Strategi Guru; Pembentukan Karakter Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitria Farida
Date Deposited: 15 Feb 2022 09:59
Last Modified: 15 Feb 2022 09:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52003

Actions (login required)

View Item View Item