Pendekatan Balanced Scorecard terhadap penilaian kinerja Lembaga Amil Zakat Al Azhar perwakilan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nayif, Lia Chunaifatul Ma’lufah (2022) Pendekatan Balanced Scorecard terhadap penilaian kinerja Lembaga Amil Zakat Al Azhar perwakilan Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Chunaifatul Ma'lufah Nayif_G95217033.pdf

Download (2MB)

Abstract

LAZ Al Azhar Jawa Timur merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang memiliki strategi tersendiri dalam mempertahankan eksistensinya untuk tetap bekerja sesuai dengan tujuannya. Program dalam LAZ tidak akan berjalan dengan baik dan sesuai tujuan tanpa adanya pengaruh dari kinerja para amil, pengaruh itu merupakan kinerja amil dalam menjalankan tugasnya. LAZ Al Azhar Perwakilan Jawa Timur belum menggunakan metode pendekatan balanced scorecard sebagai penilaian kinerja Lembaga. Pengukuran kinerja yang dilakukan dengan balanced scorecard yakni mengukur kinerja LAZ Al Azhar melalui empat perspektif antara lain perspektif keuangan dana ZIS, perspektif pelanggan (muzzaki dan mustahiq), perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.Metode penelitian yang digunakan ialah metode penilitian Kualitatif dengan pendekatan Evaluasi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan empat cara, yaitu dengan observasi langsung, wawancara secara langsung kepada informan yang meliputi manajer serta seluruh perwakilan amil dari setiap devisi (Fundraising, keuangan, program & pendayagunaan, dan komunikasi & SDM), penyebaran kuisioner kepada muzakki, dan dokumentasi dengan para informan. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi, yaitu untuk mengonfirmasi ulang apakah data yang di dapatkan sangat relevan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja LAZ Al Azhar Perwakilan Jawa Timur adalah sebagai berikut: Kinerja dari perspektif keuangan memperoleh skor baik. Kinerja dari perspektif pelanggan (muzzaki) pada pengukuran akuisisi muzakki mendapatkan, pengukuran mempertahankan muzzaki, dan pengukuran kepuasan muzzaki memperoleh skor baik. Perspektif bisnis internal dalam pengukuran inovasi dan operasi memberikan skor kurang baik, sedangkan pada pengukuran proses pelayanan memperoleh skor baik. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dalam pengukuran retensi karyawan memperoleh skor baik sedangkan pada pengukuran pelatihan amil memperoleh skor kurang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nayif, Lia Chunaifatul Ma’lufahlia.lcmn79@gmail.comG95217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Amil Zakat
Keywords: Kinerja; Balanced Scorecard; Lembaga Amil Zakat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: LIA CHUNAIFATUL MA'LUFAH NAYIF
Date Deposited: 14 Feb 2022 12:10
Last Modified: 14 Feb 2022 12:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51933

Actions (login required)

View Item View Item