Pendampingan kelompok Ibu-ibu Dasawisma dalam budidaya toga di wilayah RT 05 RW 04 Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Syifa’, Putri Fathimah (2022) Pendampingan kelompok Ibu-ibu Dasawisma dalam budidaya toga di wilayah RT 05 RW 04 Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Fathimah Al Syifa'_B92217124.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pendampingan ibu-ibu dasawisma dalam budidaya toga di wilayah RT 05 RW 04 Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya dimana ibu-ibu dasawisma ini memiliki aset yang bisa dikembangkan yaitu aset toga namun mereka belum menyadarinya. Oleh karena itu dilakukanlah budidaya toga. Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development). Dalam hal ini berfokus pada pengembangan aset yang ada supaya aset tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga menuju kehidupan yang lebih baik. Pada metode ini terdapat lima tahap yakni Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Berawal dari penemuan aset yang ada kemudian dengan adanya aset tersebut mimpi apa yang dimiliki oleh masyarakat. Selanjutnya dengan mimpi yang dimiliki dirancanglah program kegiatan yang akan dilakukan. Setelah program kegiatan ditetapkan maka dilakukanlah aksi dan yang terakhir adalah monitoring dan evaluasi terhadap program kegiatan yang telah dilakukan. Hasil dari pendampingan ini adalah masyarakat bisa menjaga kesehatan di masa pandemi saat ini dengan mengembangan aset yang mereka miliki yakni dengan membudidaya toga. Pada budidaya toga dilakukan penanaman toga, pengolahan hasil toga, dan juga penguatan kelompok ibu-ibu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Syifa’, Putri Fathimahputrifathimah5@gmail.comB92217124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pendampingan; Dasawisma; TOGA.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Putri Fathimah Al Syifa'
Date Deposited: 11 Feb 2022 15:51
Last Modified: 11 Feb 2022 15:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51905

Actions (login required)

View Item View Item