Makan dan Minum dengan tangan kanan dalam perspektif hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Mauliya Uswatun (2020) Makan dan Minum dengan tangan kanan dalam perspektif hadis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mauliya Uswatun Khasanah_E95216067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan merupakan suatu kenikmatan yang telah Allah SWT berikan kepada umat manusia. kesehatan juga merupakan suatu nikmat dunia yang amat sangat penting dan harus dipertahankan dalam menjaganya. Oleh karena itu sangat penting sekali menjaga kesehatan guna memanfaatkan kenikmatan yang telah Allah berikan dengan sebaik mungkin. Salah satu cara menjaga kesehatan dengan mudah yakni dengan menjaga pola makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang telah diterapkan oleh Rasulullah seharihari. Salah satu pola makan dan minum yang selalu diterapkan oleh Rasulullah dan dianjurkan kepada umatnya untuk mengikutinya yakni pola makan dan minum dengan tangan kanan. Dalam penelitian ini fokus pada manfaat dan akibat dari melakukan makan dan minum dengan tangan kanan terhadap kesehatan itu sendiri. Penelitian ini mengkaji hadis tentang makan dan minum dengan tangan kanan dari jalur Imam Muslim yang terdiri dari kualitas hadis, pemaknaan hadis tentang makan dan minum bagi kesehatan dan manfaat makan dan minum dengan tangan kanan dalam perspektif ilmu kesehatan. Untuk menjawab permasalahan, dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yakni dengan mengumpulkan data yang terkait agar mendapatkan informasi. Karena penelitian ini butuh data yang bersifat deskriptif. Kemudian metode dalam penelitian hads menggunakan metode ma’anil yakni fokus pada pemaknaan matan, bentuk macam redaksi dan konteks matan secara menyeluruh. Kesimpulan dari penelitian ini yakni, hadis dari jalur Imam Muslim ini sahih dengan melihat kualitas sanad dan matan hadis. Adapun imakan idan iminum idengan itangan kanan isecara ikesehatan idapat idisimpulkan ibahwa ipenggunaan itangan ikanan isaat makan imemiliki irelevansi idengan ipenggunaan iotak ikiri idalam imemutuskan isesuatu. Karena iotak ikiri idikenal idengan iotak iberfikir, imaka iapabila imelakukan imakan idan minum idengan itangan ikanan iberarti iia imelakukannya idengan ipenuh ipertimbangan rasional. iSelain iitu ijuga, iapabila iditinjau idari iaspek imedis, imakan idengan itangan kanan iatau ijari ikanan ijuga imemiliki ibanyak imanfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Mauliya Uswatunmauliyauk@gmail.comE95216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Muhammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Thesis advisorUmar, Atho'illahdakatir@live.com197909142009011005
Subjects: Kebersihan
Kesehatan
Kesehatan

Hadis
Keywords: Makan dan Minum; kanan; hadis; Kesehatann.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: MAULIYA USWATUN KHASANAH
Date Deposited: 02 Mar 2022 01:51
Last Modified: 02 Mar 2022 01:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51895

Actions (login required)

View Item View Item