Perbandingan pembelajaran daring dengan Google Meet dan Home Visit untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran IPS Kelas IV: studi multi situs di SD Yapita dan MI Al Fahmi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Muhammad Nurul (2022) Perbandingan pembelajaran daring dengan Google Meet dan Home Visit untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran IPS Kelas IV: studi multi situs di SD Yapita dan MI Al Fahmi Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nurul Arifin_F02A19295.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan berkualitas dapat dicapai dengan menerapkan proses pembelajaran yang baik.Dalam hal ini guru dituntut agar memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang ada untuk diolah dengan sekreatif mungkin agar terwujud sebuah keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses penggunaan kolaborasi google meet dan home visit untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kedua sekolah tersebut; untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada proses pembelajaran menggunakan google meet dan Home Visit di kedua sekolah tersebut; untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran dengan menggunakan google meet dan home visit dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kedua sekolah tersebut.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis ex-post-facto. Dalam analisisnya penelitian ini menggunakan analisis kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah guru kelas kelas 4 dan siswa kelas 4 SD Yapita dan MI Al Fahmi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistic inferensial dengan Analisis Anova Two Way. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring menggunakan google meet dan home visit pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD Yapita dan MI al-Fahmi Surabayamampu meningkatkan hasil belajar siswa .Siswa SD Yapita Kelas 4A yang mendapat metode pembelajaran konvensional (proses pembelajaran daring tidak memakai google meet dan home visit), rata-rata memiliki hasil belajar sebesar 73,67.Dan siswa SD Yapita Kelas 4B yang mendapat media pembelajaranGoogle Meet, rata-rata memiliki hasil belajar sebesar 82,31. Kelas 4B yang mendapat metode home visit rata-rata memiliki hasil belajar 87,35. Sedangkan Siswa MI AL Fahmi Kelas 4A yang mendapat metode pembelajaran konvensional (proses pembelajaran daring tidak memakai google meet dan home visit), rata-rata memiliki hasil belajar sebesar 74,33. Dan Siswa MI Al Fahmi Kelas 4Byang mendapat media pembelajaranGoogle Meet, rata-rata memiliki hasil belajar sebesar 76,67.Kelas 4B yang mendapat metode pembelajaran Home Visit, rata-rata memiliki hasil belajar sebesar 85,27. Pembelajaran daring menggunakan google meet dan home visitsangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV di SD Yapita dan MI al-Fahmi Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Muhammad Nurulmuhammadnurularifin2@gmail.comF02A19295
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Belajar
Keywords: Pembelajaran daring; Google Meet; Home Visit.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arifin Muhammad Nurul
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:04
Last Modified: 12 Feb 2022 06:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51889

Actions (login required)

View Item View Item