Membangun masyarakat sehat melalui peningkatan kualitas hidup lansia pada masa pandemi covid-19 di Dusun Panggang Barat Desa Panggang Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Wanda (2021) Membangun masyarakat sehat melalui peningkatan kualitas hidup lansia pada masa pandemi covid-19 di Dusun Panggang Barat Desa Panggang Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wanda Hamidah_B92217085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari pendampingan ini adalah masyarakat lansia dapat menjadi pelopor atau inspiratory untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, terlebih bagi masyarakat Dusun Panggang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis aset yaitu metode ABCD (Asset Bassed Community Development), dengan subyek penelitian yaitu masyarakat lansia, sedangkan obyeknya (pendamping) adalah kelompok kader kesehatan posyandu lansia. Pendekatan penelitian yang dilakukan yaitu melalui beberapa langkah, mulai dari inkulturasi, discovery, dream, design define, destiny, monitoring dan evaluasi. Hasil dari proses pendampingan penelitian ini yaitu: (1) Masyarakat bisa menjaga pola kesehatannya dengan menerapkan ilmu yang telah didapatkan melalui edukasi dan penyuluhan tentang kesehatan lansia, (2) Masayarakat bisa menjaga pola makannya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi melalui penyuluhan, cerama, dan diskusi tentang gizi lansia, (3) Masyarakat bisa membuat jamu herbal sebagai upaya kuratif alternative berkhasiat dan efek rendah melalui pelatihan pembuatan jamu herbal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Wandawandahamidah0309@gmail.comB92217085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Pendampingan masyarakat; kualitas hidup lansia.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wanda Hamidah
Date Deposited: 11 Feb 2022 09:05
Last Modified: 11 Feb 2022 09:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51877

Actions (login required)

View Item View Item