Tradisi pembacaan ayat-ayat pilihan dalam Alquran sebelum memulai pembelajaran: studi living quran di MAN Kota Batu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baity, Muhammad Yusuf (2022) Tradisi pembacaan ayat-ayat pilihan dalam Alquran sebelum memulai pembelajaran: studi living quran di MAN Kota Batu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yusuf Baity_E73218057.pdf

Download (2MB)

Abstract

MAN Kota Batu merupakan sekolah islam yang berada dibawah naungan Kementrian Agama. Sekolah ini terletak di Jalan Pattimura no.25 Temas, Batu. MAN Kota Batu memiliki sebuah kebiasaan membaca ayat-ayat pilihan dalam Alquran sebelum memulai pembelajaran. Kebiasaan ini telah dilakukan sejak berdirinya sekolah ini dari generasi ke generasi hingga saat ini menjadi sebuah tradisi. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah terkait bagaimana prosesi jalannya tradisi tersebut, dan bagaimana warga MAN Kota Batu dalam memaknainyna. Oleh karena itu, pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui prosesi tradisi pembacaan ayat-ayat pilihan sebelum pembelajaran dan menemukan makna yang tersimpan dibalik tradisi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif dengan model penelitian Living Qur’an yang fokus kajiannya terletak pada segi kegunaan dan implementasi Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dilakukan penelitian terhadap tradisi pembacaan ayat-ayat pilihan sebelum memulai pembelajaran di MAN Kota Batu. Melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga MAN Kota Batu dan para pembaca untuk senantiasa berinteraksi dengan Alquran. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian lapangan (field research). Maka penelitian ini mengambil data primer di MAN Kota Batu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data-data itu dianalisis dengan tiga tahapan, yakni reduksi, penyajian, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa prosesi jalannya tradisi pembacaan ayat-ayat pilihan sebelum pembelajaran di MAN Kota Batu ini diawali dengan bacaan surat al-Fatihah, kemudian diikuti dua kalimat syahadat. Dilanjutkan dengan membaca Surat al-Baqarah ayat 32, Surat Taha ayat 25-28 dan potongan dari Surat Taha ayat 114 yang dilengkapi dengan hadis. Dalam memaknai tradisi ini, mayoritas warga MAN Kota Batu menganggap tradisi sebagai suatu bentuk pengharapan dan permohonan kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam segala urusan terutama dalam hal menuntut ilmu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baity, Muhammad Yusufmysfb27@gmail.comE73218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id0001614
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Tradisi Islam
Keywords: Living Quran; Tradisi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Yusuf Baity
Date Deposited: 14 Feb 2022 13:49
Last Modified: 14 Feb 2022 13:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51866

Actions (login required)

View Item View Item