Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerlad M. Koscki tentang Deradikalisasi Akun 164 Channel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahdi, Muhammad Wafiyul (2022) Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerlad M. Koscki tentang Deradikalisasi Akun 164 Channel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Muhammad Wafiyul Ahdi_E9121709.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kelompok atau organisasi yang mengancam kesejahteraan masyarakat yakni kelompok gerakan yang memiliki paham radikalis Islam yang melakukan tindakan kriminal demi tujuan mereka. Persebaran paham mereka tak hanya secara langsung namun juga lewat media sosial. NU sebagai organisasi keagamaan yang berpaham moderat kontra rasialis, yang mana ingin menghentikan dan mencegah penyebarannya. Ada berbagai akun medsos milik NU salah satunya 164 channel dimana disalamnya terdapat tayangan-tayangan kajian atau seminar deradikalis yang memberikan pengetahuan dan pemikiran kritis ke masyarakat. Maka Penelitian ini akan membahas deradikalisi akun youtube milik 164 channel dan menggukan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M Koscki sebagai analisis. Penelitian mengguakan metode field researach (penelitian lapangan) yang dalam pengambilan data berupa soft data bukan hard data model ini merupakan penelitian kualitatif yang ingin memberikan, menginterpretasi, menginvestasi, dan mendeskripsikan suatu makna yang mendalam pada suatu fenomena. Adapun sumber data sekunder data primer yang diperoleh dari medsos 164 channel yang diolah menjadi tulisan. Data sekunder dari berbagai literatur-literatur di Internet yang mendukung tulisan peneliti. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M Koscki. Berdasarkan analisis 164 channel mempresentasikan derakalisasi dan cara menangkal faham radikalisme dan terorisme dengan melalui kajian, seminar yang bersifat ke-NU an terhadap menanggapi penyebaran faham radikalisme, diamana tema yang diambil penyampaian merupakan sebuah informasi kepada masyarakat agar mengetahui secara kritis dimana informasi Islam moderat dengan Islam radikal. Konsep yang di paparkan tayangan video 164 channel merupakan representasi dari organisasi NU dinilai efektif untuk meredam gerakan radikalisme dan teroris dari beberapa faktor sejarah ideologi yang di punyai oleh NU dan dengan cepat menangkal wacana-wacana faham radikalisme dan terorisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahdi, Muhammad Wafiyulwafiahdi19@gmail.comE91217099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Radikal dan Radikalisme
Teroris
Keywords: Framing; deradikalisasi; 164 channel; kelompok.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muhammad Wafiyul Ahdi Ahdi
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:32
Last Modified: 10 Feb 2022 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/51845

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item